VISI MISI

Visi : 
"Mewujudkan Kabupaten Alor yang Kabupaten Alor Yang Mandiri Dan Terbaik Dalam Indeks Pembangunan Manusia Melalui Kepemerintahan Yang Bersih Dan Berwibawa”.

 

Misi :

  1. Mewujudkan kesejahteraan dan ketahanan ekonomi masyarakat dan daerah dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya alam.
  2. Mewujudkan Sumberdaya Manusia yang sehat, kreatif, cerdas, berakhlak mulia dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana yang representatif di wilayah strategis, wilayah perbatasan dan wilayah terisolir yang berwawasan lingkungan.
  4. Mewujudkan tatanan kepemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, professional dan pemerintahan yang bersih.
  5. Mewujudkan hubungan sosial kemasyarakatan yang harmonis, partisipatif dan berlandaskan nilai-niliai agama, adat dan budaya.

 

Berkaitan dengan visi dan misi tersebut, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Alor sebagai pelaksana pemerintahan daerah di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa, mendorong tercapainya visi dengan melaksanakan Misi pertama, Misi Keempat dan Misi kelima.

Terkait dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Alor untuk melaksanakan tugas
tersebut melalui :

  1.   Pemberian bantuan peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan desa.
  2.   Pembinaan desa dalam peningkatan tertib administrasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
  3.   Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dengan skala prioritas.
  4.   Peningkatan fungsi kelembagaan di desa.
  5.   Pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan.

 

Tugas Pokok  dan Fungsi :

Membantu Bupati dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan daerah di bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.

 

Fungsi  :

  1.   Perumusan kebijakan teknis dibidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa;
  2.   Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dibidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa;
  3.   Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa;
  4.   Pelaksanaan administrasi ketatausahaan;
  5.   Pembinaan terhadap UPT Badan; dan
  6.   Pelaksanaan fungsi lain yang di berikan oleh Bupati.

 

Program Kerja :

  1.   Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pedesaan.
  2.   Program Pengembangan Lembaga Ekonomi Desa.
  3.   Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Membangun Desa.
  4.   Program Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa.
  5.   Program Peningkatan Peran Perempuan Di Perdesaan.
  6.   Program Penguatan Fungsi Kelembagaan Pemerintah Desa Yang Efektif Dan Efisien.

 

Menjawab isu-isu strategis yang dihadapi oleh Kabupaten Alor sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang ada maka mengacu pada Program GEMMA MANDIRI Kabupaten Alor, dalam kerangka Alor Kenyang, Alor Sehat dan Alor Pintar, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dapat menetapkan Program kerjanya.

Program yang ditetapkan untuk dilaksanakan oleh Dinas PMD Kabupaten Alor Tahun sesuai tupoksi dan kebutuhan umum dinas adalah :

  1.   Pelayanan administrasi perkantoran;
  2.   Peningkatan sarana dan prasarana aparatur;
  3.   Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  4.   Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan;
  5.   Pengembangan Lembaga Ekonomi Pedesaan;
  6.   Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Desa;
  7.   Peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa;
  8.   Peningkatan Peran Perempuan di Perdesaan;
  9.   Penataan Otonomi Desa.

 

Dinas PMD Kabupaten Alor juga akan melaksanakan program lainnya yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Selain itu ada program lintas sektor yang bisa dilaksanakan yakni :

  1.   Pengembangan industri kecil dan menengah ( Perindustrian )
  2.   Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir (Perikanan)
  3.   Pengembangan usaha koperasi, industri kecil dan menengah (koperasi)
  4.   Fasilitasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Kekayaan Budaya (kebudayaan)
  5.   Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan TTG (Lingkungan Hidup)

Dan program lainnya yang disesuaikan dengan regulasi terbaru dan adanya kerjasama dengan lintas sektor untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Kegiatan yang ditetapkan untuk dilaksanakan oleh Dinas PMD KabupatenAlor Tahun 2019-2024 sebagai berikut :

 

Program Peningkatan keberdayaan masyarakat perdesaan;

  1.   Pemberdayaan lembaga dan organisasi masyarakat perdesaan;
  2.   Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tenaga kerja dan masyarakat;
  3.   Penyelenggaraan desiminasi informasi bagi masyarakat desa;
  4.   Penanggulangan Pekerja Anak di Desa Tertinggal (P2ADT);
  5.   Pembinaan dan Pemberdayaan Pokmas;
  6.   Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan.

 

Program Pengembangan Lembaga Ekonomi Pedesaan;

  1.   Pelatihan ketrampilan manajemen BUMDES;
  2.   Fasilitasi Pembentukan Bumdes;
  3.   Pelatihan ketrampilan usaha industri kerajinan;
  4.   Pelatihan ketrampilan usaha pertanian dan peternakan;
  5.   Fasilitasi permodalan bagi usaha mikro, kecil dan menengah di perdesaan;
  6.   Monitoring, evaluasi dan pelaporan;
  7.   Pemutakhiran data profil desa / kelurahan;
  8.   Pelatihan Keterampilan Pengolahan Hasil Pertanian.

 

ProgramPeningkatanPartisipasiMasyarakatDalamMembangunDesa;

  1.   Pembinaan kelompok masyarakat pembangunan desa;
  2.   Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Desa;
  3.   Pembentukan Kelompok pembangunan desa;
  4.   Monitoring, evaluasi dan pelaporan;
  5.   Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan TMMD;
  6.   Pelatihan Aparatur Dalam Bidang Penyusunan RPJMDes.

 

Program Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa;

  1.   Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa dalam Bidang Pembangunan kawasan perdesaan;
  2.   Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan desa;
  3.   Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa dalam Bidang Manajemen Pemerintah Desa;
  4.   Monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa;
  5.   Pencalonan, pemilihan dan pelantikan kepala desa;
  6.   Penilaian Kepala Desa / Lurah berprestasi.

 

Program Peningkatan Peran Perempuan di perdesaan;

  1.   Pelatihan perempuan di perdesaan dalam bidang Usaha Ekonomi Produktif;
  2.   Perlombaan desa, kelurahan, PKK dan P2W-KSS;
  3.   Pemberdayaan Kader PKK Dan Posyandu;
  4.   Fasilitasi Inovasi dan Promosi TTG.

 

Program Penataan Otonomi Desa

  1.   Fasilitasi penyiapan data dan informasi pendukung proses pemekaran desa;
  2.   Fasilitasi percepatan penyerahan P3D dari Desa Induk ke Desa Pemekaran;
  3.   Fasilitasi percepatan penyelesaian tapal batas wilayah administrasi antar desa/kelurahan;
  4.   Penetapan SOTK Pemerintah Desa Otonomi Desa.

 

STRUKTUR ORGANISASI

  •  Kepala Dinas 
  •  Kelompok Jabatan Fungsional
  •  Sekretaris
    •  Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan;
    •  Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan;
    •  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

  •  Bidang Pemerintahan Desa
    •  Seksi Administrasi Pemerintahan Desa;
    •  Seksi Pengembangan dan Kerjasama Desa;
    •  Seksi Administrasi dan Keuangan Desa.

  •   Bidang Pemberdayaan Masyarakat
    •  Seksi Kelembagaan Masyarakat;
    •  Seksi Partisipasi Masyarakat Desa;
    •  Seksi Pemberdayaan Lembaga Adat Desa.

  •  Bidang Usaha Ekonomi Desa
    •  Seksi Usaha Ekonomi Desa;
    •  Seksi Pengembangan Kewirausahaan Desa;
    •  Seksi Pengelolaan Lembaga Ekonomi Desa.

  •  Bidang Penerapan Teknologi Tepat Guna
    •  Seksi  Pemanfaatan SDA Perdesaan;
    •  Seksi  Pendayagunaan TTG;
    •  Seksi  Fasilitasi, Inovasi dan Promosi TTG.

  •  UPTD

 

Jumlah Pegawai   :   42 Orang

Jumlah Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Pendidikan :

Jenjang Pendidikan L P Jumlah
  • SLTA/SMK/KPAA
8 8 16  Orang
  • Diploma 3 (D-III)
2 2   4  Orang
  • Strata 1 (S-1)
16 4 20 Orang
  • Strata 2 (S-2)
2 -  2  Orang
  • Strata 3 (S-3)
-   -
Jumlah 28 14 42  Orang

 

Data Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Urutan Jabatan Kepegawaian

No. Jabatan L P Jumlah
1 2 3 4 5
I. JABATAN STRUKTURAL      
  1.   Kepala  Dinas (Eselon IIb) 1 - 1 orang
  2.   Sekretaris (Eselon IIIa) 1 - 1 orang
  3.   Kepala  Bidang (Eseleon IIIb) 2 2 4 orang
  4.   Kepala  Seksi (Eselon IVa) 8 4 12 orang
  5.   Kepala Sub Bagian (Eselon IVa) 2 1 3 orang
II. JABATAN FUNGSIONAL - - -
III. PELAKSANA 11 10 21 orang
Jumlah 25 17 42 orang

 

Data Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Umur

No. Umur L P Jumlah
1. 20-30 1 1 2   orang
2. 30-40 8 7 15  orang
3. 40-50 12 4 16  orang
4. 50-60 7 2 9   orang
 Jumlah 28 14 42  orang

 

Data Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Pangkat/Golongan

No. Golongan

L

P

Jumlah
1. I - - -
2. II 8 9 17 orang
3. III 13 8 21 orang
4. IV 3 1 4 orang
 Jumlah 24 18 42 orang

 

Jumlah Anggaran

Dalam Tahun2020, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan 12 Program dan 41 Kegiatan, yang terdiri dari 2 program dan 19 kegiatan rutin serta 10 program dan 22 kegiatan strategis,dimana semua kegiatan merupakan kegiatan yang mendesak untuk dilaksanakan dalam pemenuhan kebutuhan kantor maupun kebutuhan pelayanan kemasyarakatan dan pembangunan dengan menetapkan pagu anggaran sebesar Rp. 4.224.212.000;

 

Jumlah Anggaran Dana Desa

Dalam tahun 2020, pagu anggaran dana desa yang turun ke 158 desa di Kabupaten Alor adalah sebesar Rp. 166.529.661.000;