Print this page

KECANGGIHAN KAPAL ADRI 51 MILIK TNI AD

kapal adri

KECANGGIHAN KAPAL ADRI 51 MILIK TNI AD

Ini adalah Kapal Adri 51 Milik TNI Angkatan Darat. Kapal yang baru diserahkan pada November 2020 ini dikerjakan oleh PT. Daya Radar Utama. Kapal ini memiliki kapasitas muat hingga 750 ton.

Memiliki panjang 99,20 meter dan lebar 16,40 meter, kapal ini juga dilengkapi dengan heliped dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 14 knot atau sekitar 26 kilo meter per jam.

Mayor CBA. Suherman, selaku Kapten kapal saat diwawancara mengatakan bahwa kapal ini merupakan salah satu kapal angkut paling canggih yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat saat ini karena telah dilengkapi dengan alat navigasi dan radar canggih yang dapat mendeteksi kedalaman laut, pulau – pulau sekitarnya, mendeteksi kapal – kapal yang ada di seputaran kapal ADRI 51, hingga dapat mendeteksi arah dan kecepatan angin.

Selain alat navigasi, ADRI 51 juga dilengkapi oleh dua radar canggih yang dapat mendeteksi benda – benda di bawah laut.

Walaupun usianya tergolong muda, kapal ini telah melaksanakan beberapa misi kemanusiaan, diantaranya membawa bekal, alat – alat dapur lapangan, alat – alat kesehatan, hingga sembako untuk korban bencana gempa di Mamjuju pada Januari – Maret 2021, serta memuat alat berat dan bahan pembuatan jembatan guna membantu masyarakat di Bima, Nusa Tenggara Barat dan Alor, Nusa Tenggara Timur yang mengalami musibah banjir bandang dan angin kencang pada bulan April 2021.

Saat ini ADRI 51 diawaki oleh 38 orang yang terbagi dalam dua divisi, yakni divisi dek dan divisi mesin.

Divisi mesin terbagi menjadi tiga bagian yakni mengawasi motor induk, mengawasi motor Bantu, maupun mengawasi pompa – pompa. Sedangkan untuk Divisi Dek, memiliki beberapa tugas yakni perwira muat yang berkaitan dengan pemuatan, serta bidang yang bertugas mengurusi administrasi dan logistik. (Seka)