PEMERINTAH KELUARKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN

larangan mudik

PEMERINTAH KELUARKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN

Untuk mengantisipasi penyebebaran Covid19 di Indonesia, Pemerintah mengeluarkan larangan mudik bagi semua masyarakat pada libur panjang Idul Fitri tahun ini.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Menghadapi Idul Fitri 1442 Hijriah dan Antisipasinya yang diikuti oleh Panglima TNI, Kapolri, Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan, serta beberapa Kementerian dan lembaga terkait lainnya, pada Rabu (21/4) di Mabes Polri.

Rapat tersebut juga diikuti secara daring oleh Wakil Bupati Alor, Ketua DPRD Alor, Forkopimda Kabupaten Alor, dan jajaran terkait lainnya, di Mapolres Alor.

Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd, saat diwawancarai mengungkapkan bahwa walaupun Pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik, namun Pemerintah Kabupaten Alor tetap akan melakukan langkah – langkah antisipasi di semua pintu gerbang masuk ke Alor, khususnya menyediakan Posko pengecekan kesehatan dan dokumen terkait lainnya.

“Walaupun ada himbauan Pemerintah bahwa tidak boleh lakukan mudik, tapi kan itu tidak tertutup kemungkinan orang – orang yang, misalnya dari luar Jawa mungkin dia akan kembali. Ya itu perlu dilakukan deteksi pada tempat – tempat itu, tempat – tempat keberangkatan maupun keluar masuknya itu. Itu harus diawasi oleh tim protocol kesehatan, tenaga – tenaga yang ada itu harus stand by, sehingga selalu dideteksi itu keberangkatannya. Kan ada istilah OTG ya, orang tanpa gejala, itu kan kita harus pahami itu. Jadi harus diperketat. Pemerintah terus memantau dan bekerjasama dengan tim itu untuk melakukan pengawasan, pemantauan, dan tindakan – tindakan lain yang dapat membantu mempercepat penurunan angka percepatan penyebaran Covid itu” demikian ungkap Duru.

Kepada ASN, Wabup Duru menegaskan agar tidak boleh melaksanakan mudik. Menurutnya saat ini sudah ada pertemuan antara pimpinan OPD dan staf untuk mempertegas larangan mudik tersebut.

“Pemerintah Daerah itu sudah memberikan arahan dalam pertemuan para pimpinan OPD dengan stafnya itu sudah menyampaikan tidak boleh untuk melakukan mudik. Itu dalam rangka untuk membantu tim Covid dalam menjalankan tugasnya”. (Seka)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.