BNPB TERJUNKAN HELIKOPTER UNTUK DISTRIBUSI BANTUAN

Heli bnpb

*BNPB TERJUNKAN HELIKOPTER UNTUK DISTRIBUSI BANTUAN* 
 
Dalam rangka mendistribusikan bantuan ke lokasi terisolir akibat bencana siklon tropis seroja di Kabupaten Alor, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerjunkan satu unit helikopter. 
 
Pekerja Sosial Kedeputian Bidang Penanganan Darurat BNPB, Masyekh, mengungkapkan bahwa keberadaan helikopter ini untuk membantu mengirimkan logistik yang sifatnya mendesak ke wilayah yang terisolir. 
 
“Kedeputian Bidang Penanganan Darurat, BNPB, Sudah sekitar dua minggu ini melakukan dukungan dalam hal distribusi logistik melalui helikopter. Tujuannya adalah untuk membantu memudahkan mengirimkan bantuan – bantuan yang sifatnya mendesak dan darurat ke desa – desa yang terisolir karena banyak akses – akses jalan yang terputus. Oleh karena itu di Lapangan Kalabahi ini BNPB mendukung satu unit helikopter plus semua pembiayaan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana” ungkapnya. 
 
Disampaikan oleh Masyekh bahwa dalam satu hari helikopter ini dapat menjangkau hingga sembilan desa, dimana total keseluruhan kecamatan yang sudah terjangkau selama helikopter ini beroperasi adalah 11 kecamatan. 
 
“Jangkauan bantuan sudah mencapai 11 kecamatan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Alor. Untuk hari ini ada sembilan desa yang akan dikirimkan bantuan, terutama bantuan yang sifatnya mendesak, bantuan sembako dan bantuan juga dari Pemerintah Republik Indonesia, dan pada hari ini bantuan dari Presiden Republik Indonesia ke sembilan desa – desa pada hari ini” ujar Masyekh. 
 
Keberadaan heliped menurut Masyekh sempat menjadi kendala sehingga helikopter tidak bisa mendarat, namun atas partisipasi masyarakat secara bergotong royong membuat heliped darurat. 
 
“Sejauh ini kendala dari dukungan helikopter tidak terlalu banyak. Mungkin pernah, satu kendala yaitu helipednya belum ada, ternyata dengan masyarakat yang sangat antusias dan bahkan termotivasi bahwa semangat untuk membantu telah ada dari Pemerintah Kabupaten maupun dari Pemerintah Pusat sehingga mereka membantu membuatkan heliped secara bergotong royong”. 
 
Mashyek juga menambahkan bahwa dalam sehari helikopter bisa mengangkut bantuan hingga 300 kilo gram. 
 
“Untuk sekali antar melalui dukungan helikopter ini sekitar ada 40 paket sampai 50 paket atau sekitar 200 sampai 300 kilo”. 
 
Merespon hal ini, Juru Biacara Penanggulangan Bencana Kabupaten Alor, Ferdy I. Lahal, SH, menyampaikan terima kasih kepada BNPB yang sudah memberikan bantuan helikopter. Menurutnya kehadiran helikopter ini sangat membantu dalam mendistribusikan bantuan ke lokasi yang sangat terisolir. 
 
“Kepada Bapak Kepala BNPB, Pak Jenderal Doni, yang sangat luar biasa, ketika tiba di Kalabahi melihat kondisi masyarakat dengan topografi wilayah yang sangat luar biasa yang harus dijangkau dengan helikopter, setelah itu kembali ke Kupang, ke Flores, dan kemudian lewat virtual oleh pak Bupati Alor minta untuk dukungan helikopter dan pak Jenderal, pak Doni, menyerahkan satu helikopter kepada kami yang sudah beroperasi kurang lebih satu minggu lima hari ini, sangat luar biasa untuk membantu kami di Posko menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak di daerah – daerah yang tidak terjangkau”. (Seka)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.