Print this page

PENCANANGAN BBGRM KE-18 DAN HKG PKK KE-49 TK. KAB. ALOR DILAKSANAKAN DI PEITOKO, KECAMATAN PUREMAN.

peitoko

PENCANANGAN BBGRM KE-18 DAN HKG PKK KE-49 TK. KAB. ALOR DILAKSANAKAN DI PEITOKO, KECAMATAN PUREMAN.

Walaupun cukup lelah setelah melewati perjalanan panjang untuk tiba di Peitoko, kecamatan Pureman, peserta tetap diarahkan untuk mengikuti Protokol kesehatan mulai dari tes suhu badan, cuci tangan menggunakan hand sanitizer hingga masker oleh petugas satgas Covid-19 Kecamatan Pureman.

Nampak Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Duru dan Dandim 1622 Alor sedang menjalani pemeriksaan.

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat yang dipadukan dengan Peringatan hari kesatuan Gerak PKK ke-49 tahun ini dengan thema “Dengan Gotong Royong Apapun Kita Pasti Bisa, Demi Mewujudkan Alor Kenyang, Alor Sehat, Alor Pintar”, sedangkan untuk HKG ke-49 tahun 2021 mengusung tema “Gerak PKK Indonesia Maju”.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Alor, Muhammad Bere, SH dalam sambutannya mengatakan maksud dari kegiatan ini adalah sebagai moment pembukaan bagi semua komponen bangsa dalam memaknai kedua kegiatan besar ini, dengan tujuan mengingatkan bahwa budaya gotong royong adalah budaya bangsa Indonesia yang melahirkan semangat membangun dan memelihara hasil pembangunan.

Lebih jauh dikatakan walapun di tengah pandemi ini, semangat gotong royong harus tetap dipelihara dan dilaksanakan. Dengan bergotong royong bekerja meningkatkan partisipasi dalam keluarga dan masyarakat untuk menuju Alor Kenyang, Alor Sehat dan Alor Pintar.

Diakhir sambutannya Muhammad Bere, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas kepercayaan yang di berikan kepada dirinya untuk mengabdi sebagai ASN dan akan memasuki masa pensiun April tahun 2021mendatang.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Alor Yulius Mantaon, kembali mengingatkan sejarah terbentuknya Kecamatan Pureman. Ia mengajak semua lapisan masyarakat agar melanjutkan semangat gotong royong yang diwariskan para leluhur, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada.

Dalam sambutannya ia mengatakan Pemerintah Daerah bersama rakyat masih dalam perjalanan panjang membangun daerah ini semangat gotong royong tidak boleh hilang. Segala pergumulan masyarakat termasuk pengembangan dan peningkatan infrastruktur jalan terus dilaksanakan pembangunannya, baik pelabuhan maupun dermaga yang menghubungkan antar daerah, terutama kantong-kantong produksi yang mendukung perkonomian masyarakat tetap di bangun. Lingkar ABAD menuju Kecamatan Pureman - ABAD Selatan-Lerebaing-Buraga juga tetap dilaksanakan, sehingga mempermudah pelayanan masyrakat.

Ditambahkan pembangunan di Kecamatan Pureman ini, karena masih banyak kebutuhan dan infrastruktur yang belum ada dan menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Untuk itu di tahun 2021 ini, disiapkan anggaran sebesar 1,1 milyar untuk penambahan pembangunan jalan Dimang-Peitoko.

Diakhir sambutannya, Bupati Alor meresmikan Pencangan BBGRM ke-18 yang dipadukan dengan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 tingkat Kabupaten Alor dan penandatanganan Prasasti Bulan Bhakti dan Pembukaan selubung tugu Gema Mandiri,

Serta kunjungan ke pasar masyarakat serta pemantauan pekerjaan padat karya jalan Peitoko-Managomu, Irekena-Taruamang.

Dan dari hasil kesepakatan bersama para Camat, ditetapkan Buraga (Kecamatan Abad Selatan) sebagai lokasi Pencangan BBGRM dan HKG PKK tahun 2022.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh Bupati Alor dan Wakil Ketua DPRD, juga hadir Dandim 1622 Alor, Kapolres Alor, Ketua dan Wakil Ketua Tim penggerak PKK, Ketua Persit Candra Kirana Kab. Alor serta para Camat bersama Kepala Desa se-Kab Alor serta undangan lainnya. (Bns)