PAMSIMAS BANGUN AIR MINUM DI 19 DESA

pamsimas

PAMSIMAS BANGUN AIR MINUM DI 19 DESA

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2021 ini rencananya akan membangun fasilitas air minum di 19 desa, yang bersumber dari dana APBN sebanyak 16 desa dan ABPD sebanyak 3 desa.

Adapun ke 19 Desa tersebut antara yakni di Kecamatan Pantar Tengah ada Desa Bagang, di Kecamatan Alor Barat Daya ada Desa Wolwal Tengah, Desa Wolwal Selatan, Desa Probur, Desa Probur Utara, Desa Halerman dan Desa Kefelulang. Di Kecamatan Alor Tengah Utara ada Desa Tominuku dan Desa Dapitau. Kecamatan Pureman ada Desa Kailesa, Kecamatan Pantar Timur ada desa Ombay, Kecamatan Alor Barat Laut ada Desa Alor Besar, Kecamatan Mataru ada Desa Taman Mataru, Kecamatan Lembur ada Desa Lembur Timur, Kecamatan Alor Selatan ada Desa Kelaisi Barat, Kecamatan Alor Timur ada desa Maukuru, dan Kecamatan Pulau Pura ada Desa Pura Barat.

Koordinator Distrik Pamsimas Kabupaten Alor, Desi Eka Diliyanti, ST, saat diwawancara oleh tim Buletin Gemma Mandiri usai pelaksanaan kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Program Pamsimas Desa APPBN Tahun Anggaran 2021 tingkat Kabupaten Alor, Rabu (17/3/2021) di Aula Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Alor, mengatakan bahwa untuk tahap pertama ini pembangunan akan dipusatkan di lima desa, yakni Dua Desa Hibah Insentif Desa (HID) yaitu Desa Bagang Kecamatan Pantar Tengah dan Desa Wolwal Tengah Kecamatan Alor Barat Daya, serta tiga desa Hibah Khusus Pamsimas (HKP) yakni Desa Tominuku Kecamatan Alor Tengah Utara, Desa Kafelulang dan Desa Probur di Kecamatan Alor Barat Daya.

Menurut Diliyanti, jumlah anggaran yang diterima oleh masing – masing desa dari Pemerintah untuk menyelesaikan program ini sebesar Rp 245 Juta per desa. Selain dana tersebut ada sejumlah dana lain yang bersumber dari Pemerintah Desa maupun swadaya masyarakat sehingga keseluruhan dana yang terkumpul nantinya adalah Rp 350 juta.

Disampaikan juga oleh Diliyanti bahwa target penyelesaian program ini sampai dengan bulan juli 2021.

“Pelaksanaan ini kita menargetkan akan selesai sampai dengan bulan Juli 2021”.

Merespon hal ini, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Alor, Dominikus N. Salmau, ST, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat.

“Pemerintah Kabupaten Alor menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum, khususnya Balai Prasarana Permukiman NTT yang sudah mengalokasikan dana untuk membiayai 16 desa program Pamsimas di Kabupaten Alor” ungkap Salmau. (Seka)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.