MASYARAKAT TERNATE PRAKARSAI FESTIVAL TENUN DAN MAKAN BARU

camat kokar

MASYARAKAT TERNATE PRAKARSAI FESTIVAL TENUN DAN MAKAN BARU

Untuk mempromosikan kain tenun Ternate kepada masyarakat yang lebih luas serta membuka destinasi wisata baru, warga Desa Ternate memprakarasi festival Tenun ikat dan makan baru pada tanggal 27 Maret 2021 mendatang. Ini merupakan festival pertama di Alor yang diprakarsai oleh masyarakat desa baik dari sisi ide, kepanitian. hingga pendanaan.

Camat Alor Barat Laut Martinus De Porres Djeo, SIP, saat ditemui di kediamannya, Sabtu (20/3/2021) mengungkapkan bahwa festival ini dilaksanakan murni atas inisiatif warga.

“Yang unik dari festival ini, panitianya dari masyarakat desa, sumber dananya dari masyarakat desa, dan mereka yang lakukan semua” demikian ungkap Djeo.

Djeo optimis kegiatan ini akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat, sebab tidak saja kain tenun yang akan dibeli oleh tamu, tetapi juga masyarakat mendapat keuntungan dari ojek laut serta penginapan berbayar yang disiapkan warga.

Kepada tim Buletin Gemma Mandiri, Djeo menyampaikan bahwa nantinya akan dilaksanakan pelelangan kain tenun terbaik di Ternate dimana dananya akan digunakan untuk membangun sumur bor, mengingat Ternate mengalami kesulitan air.

“Yang kami harapkan adalah sebenarnya untuk membangun desa kita bisa dengan apa yang kita punya. Sudah saatnya kita tidak bergantung terus pada Pemerintah” lanjut Djeo.

Purna Praja IPDN ini juga menambahkan bahwa berdasarkan hasil kunjungannya di 18 Desa dan 1 Kelurahan di wilayah Alor Barat Laut, semua desa memiliki berbagai keunikan, untuk itu dirinya punya mimpi agar tahun depan semua desa menyelenggarakan satu festival tiap tahun.

“Itu artinya setiap bulan, bahkan lebih, kita akan melaksanakan festival” lanjutnya.

Menurut Djeo, kecamatan Alor Barat Laut mempunyai potensi wisata yang sangat komplit, mulai dari laut hingga gunung, sehingga saat ini dirinya sedang mendorong untuk menggalakan kecamatan Alor Barat Laut sebagai kecamatan pariwisata.

Sekedar informasi bahwa dalam tahun ini Kecamatan Alor Barat Laut akan menyelenggarakan lima festival yaitu Festival Tenun, Festival makan ikan gratis di Adang. Festival Mangrove di Aimoli, Festival Makan Baru di Bampalola, dan Tour of Indonesia Paralayang. (Seka)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.