TAHUN INI DIRENCANAKAN PESAWAT AKAN BEROPERASI KE PANTAR

perhubungan kabir

TAHUN INI DIRENCANAKAN PESAWAT AKAN BEROPERASI KE PANTAR

Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (18/3/2021), rencananya Bandar Udara Pantar akan akan mulai didarati pesawat dalam tahun ini juga. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bandara Mali Alor, Suharmadji.

Saat ditemui oleh wartawan usai kegiatan Peresmian Bandara Pantar, dirinya menyampaikan bahwa sebetulnya bandara ini baru beroperasi tahun 2022 namun kemudian dipercepat pengoperasiannya.

“Sebetulnya kalau dari usulan kemaren tahun depan tapi kemaren kami disampaikan sama pimpinan, rencana mau dipercepat tahun ini. Sekarang pimpinan di Pusat itu sedang pembahasannya. Kapannya juga kami masih menunggu. Mudah – mudahan apa yang disampaikan pimpinan ke kami itu tahun ini terealisasi” ungkapnya.

Lebih jauh dirinya juga mengatakan bahwa rute yang saat ini diusulkan adalah Pantar – Kupang PP dan Kupang – Pantar – Lewoleba.

“Sementara ini jalur yang kami usulkan adalah Kupang – Pantar, terus yang kedua Kupang – Pantar – Lewoleba. Nah itu nanti keputusan ada di pimpinan”.

Saat ditanya apakah ada jalur Kalabahi – Pantar, Suharmadji mengungkapkan bahwa jalur ini sebelumnya telah diusulkan namun karena terkendala ketersediaan aftur sehingga belum bisa dibuka jalur tersebut.

“Kami sebetulnya sudah usulkan memang jalur lain yaitu Kupang – Alor – Pantar. Sekali lagi kan, itu kan terkait dengan aftur. Ini pesawat kecil kan, dia kalau terlalu banyak destinasinya kan mempengaruhi afturnya, karena afturnya itu sudah dihitung jarak sekian kilo itu aftur sekian. Kalau mereka seperti tadi, Kupang – Alor – Pantar, masalahnya kan di Alor belum ada afturnya” pukasnya.

Mengenai harga tiket, dirinya belum menyebutkan besaran biaya, namun menurutnya tiket nanti akan disubsidi oleh Pemerintah.

“Yang pasti tiketnya kan namanya subsidi itu kan setengah Pemerintah, setengah Swasta”.

Mengenai pengembangan Bandara kedepan, menurutnya tahap pertama telah selesai, dan akan dilanjutkan pembangunan tahap kedua dimana rencananya landasan pacu akan diperpanjang hingga 1400 meter sehingga dapat didarati oleh pesawat berjenis ATR.

“Jadi kalau Bandara Pantar ini untuk tahap satu ini sudah selesai 900 X 30. Jadi kedepan ini tahap yang kedua 1400an yang nanti akan kami kerjakan. Itu nanti perbaharui masterplan yang baru sesuai kebutuhan masyarakat nanti di Pantar” ujar Suharmadji.

Suharmadji melanjutkan juga bahwa nantinya jenis pesawat yang masuk ke Bandara Pantar berjenis Grand Caravan, namun maskapai apa yang hendak masuk belum ditentukan.

“Maskapainya kita tidak bisa nunjuk, tetapi sekelas Susi Air, Grand Caravan nanti Pak pesawatnya”.

Dirinya berharap agar hadirnya Bandara Pantar ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Pulau Pantar. (Seka, Bnd).

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.