TINGKATKAN SDM, UNTRIB SEDIAKAN BEASISWA HINGGA RP 7 MILIAR

beasiswa

TINGKATKAN SDM, UNTRIB SEDIAKAN BEASISWA HINGGA RP 7 MILIAR

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Pemerintah Republik Indonesia, melalui program Beasiswa Bidik Misi memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Tribuana (UNTRIB) Kalabahi dengan nominal hingga Rp 7 Miliar.

“Diketahui bahwa Bapak Ibu anggota DPR komisi X punya kewenangan untuk juga ikut memberikan beasiswa Bidikmisi jalur aspirasi, dan karena itu kami berkomunikasi dengan Pak Andre (Andreas Hugo Parera), dan puji Tuhan kita berkesempatan untuk mendapatkan sekitar 80 beasiswa UKT (Uang Kuliah Tunggal), itu diberikan kepada mahasiswa yang ada di semester 3 ke atas, lalu juga ada Bidikmisi yang diberikan kepada mahasiswa semester 1 atau semester semester awal yang nilainya ya kurang lebih untuk Bidikmisi itu sekitar Rp 7 miliaran, lalu untuk UKT ada sekitar 400an juta” demikian ungkap Rektor UNTRIB Alor, Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM, saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (4/3/2021).

Terkait pembagian beasiswa ini, menurut Gorang ada beberapa kelompok mahasiswa yang nantinya akan mendapatkannya, yaitu mereka yang meraih nilai terbaik 1 – 5 pada seleksi masuk kampus UNTRIB.

“Bagi mahasiswa yang semester 1 kemaren itu kita atur lulusan seleksi masuk UNTRIB dengan nilai terbaik 1 – 5 berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa, tetapi yang punya Kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar) kuliah. Itu ada sekitar 55 anak – anak”.

Selain untuk mahasiswa berprestasi, Gorang juga mengatakan bahwa beasiswa ini akan diberikan kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi namun punya keinginan untuk kuliah.

Untuk itu menurutnya, saat ini kampus UNTRIB sudah berkomunikasi dengan seluruh Gereja, Ketua Klasis maupun Kepala sekolah SMA di seluruh Kabupaten Alor agar dapat merekemondasikan nama calon mahasiswa.

“Lalu kemaren kami juga bersurat ke gereja, kami juga bersurat ke Klasis – Klasis untuk merekomendasikan usulan nama-nama dari klasis – klasis, dan kami juga bersurat ke SMA – SMA di seluruh Kabupaten Alor untuk merekomendasikan nama anak-anak yang dalam hitungan sekolah punya kemampuan akademik tapi dalam urusan ekonomi mereka terbatas, sehingga hari ini waktu kemarin sudah tamat tapi masih ada di kampung karena tidak bisa kuliah, kami minta kepala sekolah rekomendasikan namanya ke kampus, kita terima, kita berikan kesempatan dia untuk kuliah gratis”.

Selain gereja, klasis dan sekolah, kampus UNTRIB juga menurut Gorang sudah menghubungi beberapa pendeta dan imam masjid di pedalaman agar dapat merekomendasikan nama anak – anak yang berkeinginan untuk kuliah namun tidak mampu secara ekonomi.

Untuk menjadi informasi, bahwa besaran beasiswa Bidik Misi tiap semester yang akan diterima oleh tiap mahasiswa yaitu Rp 2,4 untuk pembayaran uang kuliah dan Rp4,2 juta untuk uang transportasi. (Seka)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.