Home arrow Profil Daerah arrow Iklim
Selayang Pandang
Pariwisata
Wisata Alam
Wisata Sejarah
Wisata Budaya
Arsip Berita
Seputar Alor
Nasional
Siaran Pers
Newsflash
Pemerintahan
Interaktif
Buku Tamu
Download
Galeri Foto
Webmail
Pengumuman Lelang
Perangkat Daerah
Badan
Dinas
Kantor
Sekretariat Daerah
Sekretariat DPRD
Inspektorat Daerah
RSUD
Layanan Pengaduan
 Bagi anda yang akan menggunakan layanan pengaduan, Silahkan registrasi sebagai member terlebih dahulu, pahami mekanismenya. Salurkan pengaduan anda. Terima kasih
Iklim Print E-mail
Written by Administrator   
Sunday, 26 December 2010
Kabupaten Alor, termasuk dalam daerah dengan keadaan iklim hujan tropic atau subtropics (semiarid) dengan kondisi hujan rata-rata berkisar antara 1 hingga 18 hari dalam satu bulan.
 
Curah hujan rata-rata terjadi antara bulan Desember sampai dengan bulan Maret, rata-rata tahunan 23,31 mm; Suhu rata-rata 20,2 33,30 C.
 

 
Iklim yang tidak menentu di Kabupaten Alor merupakan masalah yang cukup klasik. Dalam setahun musim penghujan relatif lebih pendek dari pada musim kemarau.  Pada tahun 2008 temperatur udara terendah adalah 20,2 C yang terjadi pada bulan Juli sedangkan temperatur tertinggi adalah 33,8 C pada bulan Maret. Curah hujan tertinggi adalah 395,2 mm pada bulan Februari, lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Semua ukuran adalah untuk kota Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor, yang dapat dijadikan gambaran umum untuk Kabupaten Alor.

Sumber air yang digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Alor untuk konsumsi dan pengairan lahan pertanian bersumber dari air sungai. Dari 168 sungai terdapat 59 sungai (32,12%) adalah sungai berair dan tipe sungai kering (64,88%) dimana 18 sungai berada di pulau Pantar, tetapi pada umumnya memiliki debit air yang kecil, sehingga wilayah ini lebih kritis dalam penyediaan sumber daya air dan system peratnian hanya mengandalkan pada pertanian lahan kering; sedangkan 41 sungai berair lainnya berada di Pulau Alor yang pemanfaatannya untuk irigasi pertanian seluas 1.911,25 hektar dari luas potensial lahan sawah (3.354,50 hektar).Luas lahan sawah tersebut yang sudah dimanfaatkan menjadi irigasi setengah teknis dan irigasi sederhana seluas 1911,25 hektar (56,98%) dan 43,02% masih merupakan potensi serta beberapa titik aliran sungai berppotensi untuk pengembangan PLTMH.
 
 
Rata-rata Temperatur Udara
Dan Rata-Rata Penyinaran Matahari
Dikota KAlabahi dirinci Perbula
Tahun 2009

 
 
 
 
 
Curah Hujan di Kota Kalabahi
per Bulan 2005-2009

 
Last Updated ( Tuesday, 11 January 2011 )
 


Website Resmi Pemerintah Kabupaten Alor
dikelola oleh
UPTD PDE - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DISHUB KOMINFO)
Copyrights by UPTD PDE DISHUB KOMINFO Kab. Alor
@2010