Home arrow Wisata Sejarah
Selayang Pandang
Pariwisata
Wisata Alam
Wisata Sejarah
Wisata Budaya
Arsip Berita
Seputar Alor
Nasional
Siaran Pers
Newsflash
Pemerintahan
Interaktif
Buku Tamu
Download
Galeri Foto
Webmail
Pengumuman Lelang
Perangkat Daerah
Badan
Dinas
Kantor
Sekretariat Daerah
Sekretariat DPRD
Inspektorat Daerah
RSUD
Layanan Pengaduan
 Bagi anda yang akan menggunakan layanan pengaduan, Silahkan registrasi sebagai member terlebih dahulu, pahami mekanismenya. Salurkan pengaduan anda. Terima kasih
Wisata Sejarah Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 30 December 2010

 

  • Kampung Tradisional Takpala

Kampung tradisional Takpala terletak di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor. Perjalanan ke Takpala dari Bandar Udara Mali-Alor bisa ditempuh dengan ojek sepeda motor. Jika dengan kendaraan umum, dari Terminal Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor, bisa menggunakan bus jurusan Bukapiting, turun di Takalelang. Spanduk selamat datang ke kampung tradisional Takpala menyambut di depan jalan mendaki beraspal menuju Takpala.

 

 

 

Perjalanan dari Takalelang menuju Takpala memerlukan waktu sekitar 15 menit jalan kaki. Sebagai kampung tradisional, Takpala memiliki 12 rumah adat dan merupakan tujuan wisata Alor yang telah ditata cukup oke. Masuk Takpala tidak dipungut retribusi sepeser pun. Di Takpala bisa dijumpai kehidupan yang sangat bersahaja. Masyarakat menyandarkan kebutuhan sehari-hari pada hasil hutan. Sehingga, ketika berkunjung di siang hari, suasana kampung tampak sepi karena penduduknya pergi ke hutan mencari kebutuhan hidup.

Jika sebelum kunjungan memberitahu ke dinas wisata setempat, maka warga Takpala bisa diorganisasi untuk menyuguhkan tarian lego-lego. Tarian ini dilakukan secara massal, bergandengan tangan secara melingkar. Tetabuhan gong dan moko mengiringi gerak rancak para penari.

 

  • Perkampungan Tradional Monbang

Perkampungan tradional Monbang.berada di Desa Kopidil Kecamatan Alor Barat Laut. Jarak dari Kalabahi sekitar 7 km, Perkampungan tradional Monbang dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 dalam waktu 45 menit. Potensi yang dapat dinikmati di Perkampungan asli suku Kabola Masyarakat, rumah adat, lagu, tarian khas suku Kabola Busana spesifik dari kulit kayu Dalam perjalanan dapat menikmati keindahan Teluk Mutiara Perkampungan tradisional Bampalola, di Kecamatan Alor Barat Laut, jarak dari Kalabahi kira-kira 15 km sebelah Barat.

Potensi yang dinikmati : Rumah adat Fet Lakatuil Upacara Makan Baru, penentuan waktu tanam, panen, lego-lego, dll Desa Alor Kecil dan Alor Besar, jarak 14 dan 17 km dari kalabahi potensi yang dinikmati : Upacara sunatan adat Acara Nikah adat Tari-tarian lego-lego jubah dodo Kitab Suci Al Qur’an tua dari kulit kayu Musik tradisional Arus air laut dingin sehingga rakyat panen ikan Home stay di Pulau Kepa Taman laut dan panorama alam bawah laut yang indah.

 

  • Alquran Tua

Alquran tua dari kulit kayu yang ditulis dengan tinta ramuan tradisional yang diperkirakan berusia lebih dari 800 tahun, sebuah bukti sejarah tentang keberadaan Islam di Alor. 

Last Updated ( Tuesday, 18 January 2011 )
 


Website Resmi Pemerintah Kabupaten Alor
dikelola oleh
UPTD PDE - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DISHUB KOMINFO)
Copyrights by UPTD PDE DISHUB KOMINFO Kab. Alor
@2010