Home arrow Wisata Alam
Selayang Pandang
Pariwisata
Wisata Alam
Wisata Sejarah
Wisata Budaya
Arsip Berita
Seputar Alor
Nasional
Siaran Pers
Newsflash
Pemerintahan
Interaktif
Buku Tamu
Download
Galeri Foto
Webmail
Pengumuman Lelang
Perangkat Daerah
Badan
Dinas
Kantor
Sekretariat Daerah
Sekretariat DPRD
Inspektorat Daerah
RSUD
Layanan Pengaduan
 Bagi anda yang akan menggunakan layanan pengaduan, Silahkan registrasi sebagai member terlebih dahulu, pahami mekanismenya. Salurkan pengaduan anda. Terima kasih
Wisata Alam Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 30 December 2010
  • PANTAI MALI.

Berada di desa kabola kecamatan teluk mutiara dengan jarak 10 KM dari kota kalabahi. Pantaiini menyajikan air yang tenang dengan pasir putih dan taman wisata alam laut yang indah serta rimbunan pohon kelapa yang syarat berbuah. Dari pantai ini dapat dilihat pulau Sika yang sangat indah dan terdapat sebuah kuburan tua dan keramat. Objek ini dapat dijangkau dengan angkutan umum dengan intensitas sedang, ojek mobil probadi atau sewaan.

 

 

Dari pantai mali sekitar 3 km dapat dilihat suatu pemandangan alam hutan nostalgia dimana para pengunjungnya diberikan anakan tanaman untuk ditanam sekitar lokasi dengan mencantumkan namanya pada pohon tersebut. Pada hutan ini juga terdapat sebuah mata air yang sejuk dibawah rerimbunan pohon kenari dan cendana yang indah,wisata indonesia surganya dunia.


 

wisata pantai nan biru dimana pantai masih terlihat begitu indah dan nyaman suananya. Di pantai ini bisa menghilangkan rasa penat Anda, karena pantainya terlihat tenang dengan hamparan pasir putih. antai yang berada di desa kabola kecamatan teluk mutiara dengan jarak 10 km dari kota kalabahi memberikan taman wisata alam laut yang indah serta rimbunan pohon kelapa yang syarat berbuah. Pantai yang tenang, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti menyelam, berenang, memancing dan sebagainya. Bagi yang menyelam, disekitar pantai terdapat tempat penyeawaan alat penyelam bagi Anda.

 

  • PANTAI MAIMOL

Pantai Maimol mempunyai jarak yang Kurang lebih sekitar 8 km dari kota Kalabahi. Maimol sebagai kampung nelayan tradisional, memiliki potensi cukup baik guna menjadi penghasil ikan di wilayah kabupaten Alor, namun oleh pemerintah kabupaten Alor belum dikelola secara profesional.untuk menjadikan pantai maimol menjadi tujuan objek wisata yang bertaraf internasional

 

  • TAMAN LAUT PANTAR

Keindahan dan keunikan alam bawah laut Selat Pantar sangat menakjubkan. Bahkan jika dibandingkan dengan Taman Laut Komodo di NTT, Berau di Kalimantan Timur, Bunaken di Sulawesi Utara dan Raja Ampat di Papua, Selat Pantar masih tetap yang terbaik, meski selama ini untuk diving, taman laut Komodo, Bunaken, Berau, dan Raja Ampat lebih populer, tapi di mata para diver kelas dunia taman laut Selat Pantar yang terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, lebih unggul karena keindahannya yang menakjubkan. Konon terindah setelah taman laut Kepulauan Karibia. Banyak wisatawan asing yang pernah ke Alor terkagum-kagum. Sebab, selain dimanjakan keindahan taman lautnya, mereka juga menemukan fenomena taman laut tersebut langka dan sangat menarik. Makanya, wajar jika wisata bahari Alor dengan panorama bawah laut yang spefisik di Selat Pantar menjadi primadona dan pemikat bagi para diver kelas dunia dari Amerika, Australia, Austria, Inggris, Belgia, Belanda, Jerman, Kanada, Selandia Baru, dan beberapa negara di Asia.

 

Tercatat, ada 26 titik diving yang memesona wisatawan di sana. Ke-26 titik diving itu yaitu, Half Moon Bay, Peter's Prize, Crocodile Rook, Cave Point, The Edge, Coral Clitts, Baeylon, The Arch, Fallt Line, The Pacth, Nite Delht, Kal's Dream, The Ball, Trip Top, The Mlai Hall, No Man's Land, The Chatedral, School's Ut, dan Shark Close.


Titik diving yang terakhir ini sangat menarik karena merupakan kumpulan ikan hiu dasar laut yang sangat bersahabat dengan para diver. Keindahan bawah laut yang terdapat di Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Pulau Pantar, dan Pulau Pura, juga mengundang decak kagum para diver profesional dari Jakarta dan Bali untuk datang ke sana.

Bahkan, para diver kelas dunia mengakui, bahwa kawasan taman laut Alor merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tengok saja pengakuan Ken Parker dari Amerika Serikat:"More big fish, prolific swarming masses of schools than anywhere I've seen in 20 years of diving"
 
Atau dengarkan penuturan Adrienne May dari Australia:"Enjoyed seeing the Manta Rays, Sharks, Turtles, Dolphins, Whales and that huge Napoleon Wrasse." Bahkan, Michael AW fotografer asal Singapura berkata, A World class diving!... Kal's Dream is to be dived again and again and again.... of all my underwater sojourns, Alor is among the best!. Begitu juga pernyataan Helen Roberts dari Inggris, We saw hue Sunfish, Reef Sharks, Turtles, Moray Eels, Rays, Naopoleon Wrase, Dog-tooth Tuna, Barracuda and loads of beautiful Reef Fish all in just three dives.

 

  • Wisata lainnya

Bagi pendaki gunung yang menggilai tantangan di tempat yang masih perawan, Gunung Delaki Sirung di Pulau Pantar dan Gunung Koya-Koya di Pulau Alor, adalah tempatnya. Kepenatan yang melelahkan itu segera sirna membawa kesejukan dan kesegaran jiwa setelah menyaksikan fenomena geologi vulkanik di Desa Air Panas dan Air Terjun di Pulau Pantar, taman wisata alam Tuti Adagae di Pulau Alor.
 
Sementara ranch mini peternakan rusa (terbaik di kawasan timur Indonesia) jangan dilewatkan untuk dikunjungi. Kesejukan dan kesegaran di alam Hutan Nostalgia juga akan menyapa setiap pengunjung yang ingin melepas kepenatan.

 

Last Updated ( Tuesday, 18 January 2011 )
 


Website Resmi Pemerintah Kabupaten Alor
dikelola oleh
UPTD PDE - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DISHUB KOMINFO)
Copyrights by UPTD PDE DISHUB KOMINFO Kab. Alor
@2010