Home
Selayang Pandang
Pariwisata
Wisata Alam
Wisata Sejarah
Wisata Budaya
Arsip Berita
Seputar Alor
Nasional
Siaran Pers
Newsflash
Pemerintahan
Interaktif
Buku Tamu
Download
Galeri Foto
Webmail
Pengumuman Lelang
Perangkat Daerah
Badan
Dinas
Kantor
Sekretariat Daerah
Sekretariat DPRD
Inspektorat Daerah
RSUD
Layanan Pengaduan
 Bagi anda yang akan menggunakan layanan pengaduan, Silahkan registrasi sebagai member terlebih dahulu, pahami mekanismenya. Salurkan pengaduan anda. Terima kasih
Aduan Masyarakat
--= NFSP =--


Thursday, 06 January 2011
Salam Sejahtera, sektor pariwisata di alor perlu dioptimalkan karena alor memiliki SDA yang sangat ... By

PDE Bangun Jaringan Internet ke SKPD Print E-mail
Written by Manoak Boling Sau   
Tuesday, 29 November 2011

Unit Pelaksana Teknis Pengolahan Data Elektronik (UPT PDE) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Alor melakukan sambungan jaringan internet ke beberapa SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Alor dan SMA Negeri 2 Kalabahi. Demikian disampaikan Kasubag Tata Usaha UPT PDE Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Alor Manoak Boling Sau, ST.

Jaringan yang dibangunan untuk SKPD yang berada di sekitar Kantor Bupati Lama dengan melakukan Jaringan LAN (sambungan langsung dari UPT PDE melalui kabel) sedangkan untuk Kantor Bupati dan SMA Negeri 2 Kalabahi (Mola) dilakukan dengan system Radio. SKPD yang telah menyampaikan permohonan untuk sambungan atau langganan jaringan internet antara lain Dinas Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah ( 3 titik sambungan), Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Alor (1 titik smbungan), Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (1 titik sambungan), Bagian Hukum Setda Alor (1 titik sambungan) serta SMA Negeri 2 Kalabahi (1 titik sambungan wireless).
Menyangkut biaya bulanan yang dikenakan kepada masing-masing pelanggan sesuai Surat Bupati Alor tanggal 13 Desember 2010 adalah sebesar Rp. 500.000/bulan untuk sambungan langsung, sedangkan untuk wireless dikenakan biaya sebesar Rp. 750.000/bulan. Khusus untuk sambungan langsung melalui HUB, apabila ada penambahan sambungan, maka setiap sambungan baru dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 250.000/sambungan.
Pada kesempatan  yang sama, Eman demikian biasa disapa mengatakan bahwa beberapa waktu yang lalu pihak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Alor melakukan kontrak Kerjasama (MoU) dengan CV. Boby Kupang dalam penyediaan Internet Satelite Provider (ISP). Dalam MoU tersebut dikatakan bahwa CV Boby menyiapkan kapasitas layanan internet kepada Pemerintah Kabupaten Alor sebesar 2 MBPs down dan 512 KBPs UP. Menyinggung tentang kerjasama sebelumnya dengan PT. Telkom dikatakan bahwa biaya langganan  dengan PT. Telkom lewat produk AstiNet dipandang cukup mahal, karena kapasitas yang disediakan hanya sebesar 128 KBPs tapi biaya langganannya sebesar Rp. 8.600.000/bulan, sementara dengan CV. Boby kapasitas yang disediakan hamper 20 kali lipat tetapi biaya langganannya hanya sebesar Rp. 8.800.000/bulan. Selain itu saat kerjasama dengan PT. Telkom dengan produk AstiNet, apabila terjadi gangguan, maka sulit untuk memperbaikinya karena SDM yang ada di Telkom Kalabahi belum bisa melakukan perbaikan. Sedangkan untuk perangkat yang baru dipasang sekarang ini sudah dilengkapi dengan perangkat untuk perbaikan gangguan secara otomatis sehingga mempermudah ihak UPT PDE dalam mengakses.
Kedepan sangat diharapkan agar sedapat mungkin semua SKPD dapat melakukan kerjasama dalam sambungan internet sehingga amanat dari Peraturan Bupati Alor Nomor 2 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan e-Government di Lingkup Pemerintah Kabupaten Alor  dapat direalisasikan.
Lebih lanjut Eman menyampaikan bahwa dengan semakin pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, maka penerapaan e-Government di Kabupaten Alor mutlak untuk dilaksanakan, karena apabila e-Government dapat diterapkan maka aka nada efisiensi sejumlah anggaran untuk kegiatan rutin yang mana dapat berdampak pada transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Karena kedepan termasuk proses audit pelaksanaan APBD juga akan dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkaan teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada. Khusus untuk audit elektronik, beberapa waktu lalu bapak Bupati juga telah menandatangani MoU dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk pelaksanaan audit elektronik (e-Audit).
Pada akhir pembicaraan, Eman mengatakan bahwa biaya langganan jaringan internet yang dikenakan kepada pelanggan (terutama) SKPD, semata-mata hanya dengan satu tujuan agar bagaimana kita dapat mengelola APBD menjadi salah satu sumber penerimaan bagi daerah. Karena kalau SKPD melakukan sambungan internet dengan pihak lain, maka biaya langganan yang dialokasikan itu tidak bisa kembali de Kas Daerah juga dengan kualitas sambungan yang mungkin jauh dibawah jaringan yang disediakan oleh UPT PDE.
 
< Prev   Next >


Website Resmi Pemerintah Kabupaten Alor
dikelola oleh
UPTD PDE - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DISHUB KOMINFO)
Copyrights by UPTD PDE DISHUB KOMINFO Kab. Alor
@2010