Visi Misi 

Visi : 
Tersedianya Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Yang Berkualitas, Berkelanjutan dan Memiliki Hukum Yang Bersinergi dengan sektor lain Dalam Rangka Mewujudkan Alor Kenyang, Sehat dan Pintar.

Misi : 

  1. Mewujudkan ketersediaan perumahan dan kawasan permukiman yang layak untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dasar (air minum dan sanitasi) serta meningkatkan derajat hidup.
  2. Mewujudkan sarana prasarana utilitas (jalan lingkungan, drainase lingkungan) dalam rangka untuk meningkatkan kualitas kawasan permukiman.
  3. Melaksanakan urusan pertanahan untuk menjamin kepastian hukum atas kepemilikan tanah pemerintah.

Tugas Pokok :

Membantu Bupati dalam menentukan kebijakan dibidang Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan di Daerah serta penilaian atas pelaksanaannya.

Fungsi : 

  1. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan daerah dibidang urusan perumahan, kawasan permukiman dan urusan pertanahan sesuai kebutuhan dan ketentuan sebagai pedoman dalam pelaksanaan;
  2. Menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan urusan perumahan, kawasan permukiman dan urusan pertanahan berdasarkan hasil pemantauan untuk menyiapkan petunjuk pencerahannya.
  3. Pelakksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugas dibidang urusan perumahan, kawasan permukiman dan urusan pertanahan.
  4. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan berdasarkan dokumen perencanaan dan kondisi lapangan sebagai bahan pertanggungjawaban;
  5. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai urusan perumahan, kawasan permukiman dan urusan pertanahan;
  6. Pelakskanaan koordinasi dan atau penelitian untuk kepentingan pembangunan urusan Perumahan, Kawasan Permukiman dan urusan Pertanahan bersama SKPD terkait di Daerah.
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Program Kerja :

  1. Program Pelayanan jasa Administrasi Perkantoran.
  2. Program Sarana dan Prasarana Peningkatan Aparatur
  3. Program Pembangunan Perumahan.
  4. Program Lingkungan Sehat Perumahan.
  5. Program Pembangunan Saluran Drainase/Gorong-gorong.
  6. Program Penataan Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah
  7. Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan.
  8. Program Pengembangan Jalan Lingkungan.
  9. Program Pemberdayaan Komunitas Perumahan.
  10. Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum dan Air Limbah.

STRUKTUR ORGANISASI

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretaris
    1. Kepala Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan
    2. Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan
    3. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
    4. Kelompok Jabatan Fungsional
    5. Kabid Perumahan

-       Kepala Seksi Standarisasi dan Perijinan Perumahan

-       Kepala Seksi Perencanaan Teknis Perumahan

-       Kepala Seksi Pengembangan Perumahan

  1. Kabid Bidang Kawasan Pemukiman

-       Kepala Seksi Perencanaan Kawasan Permukiman

-       Kepala Seksi Pengendalian Kawasan Permukiman

-       Kepala Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman

  1. Kabid Sarana dan Prasarana Umum Permukiman

-       Kepala Seksi Perencanaan Pembangunan Sarana Prasarana Kawasan Permukiman

-       Kepala Seksi Pembangunan Sarana Prasarana Umum Permukiman

-       Kepala Seksi Pengendalian Sarana Prasarana Umum Permukiman

  1. Kabid Pengelolaan Pertanahan

-       Kepala Seksi Pendataan dan Pemanfaatan Tanah

-       Kepala Seksi Perijinan Pemanfaatan Tanah

-       Kepala Seksi Penyelesaian Konflik Tanah

Jumlah Pegawai   :   46 Orang

Jumlah Berdasarkan Pendidikan :

Jenjang Jumlah
  • SD
-
  • SMP
-
  • SMA/SMK
25 Orang
  • DIII
3 Orang
  • DIV
-
  • S1
17 Orang
  • S2
1 Orang
  • S3
-

Jumlah Anggaran Tahun 2020 :   Rp. 35.370.519.870,-

Contact Person: --