VISI  MISI

Visi : 
Mewujudkan Kabupaten Alor Yang manidir dan Terbaik Dalam Indeks Pembangunan Manusia Melalui Pemerintahan Yang Bersih dan Berwibawa

Misi : 

  1. Mewujudkan kesejahteraan dan ketahanan ekonomi masyarakat dan daerah dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam.
  2. Mewujudkan sumber daya manusia yang sehat kreatif, cerdas, berakhlak mulia dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana yang representatif diwilayah strategis, wilayah perbatasan dan wilayah terisolir yang berwawasan lingkungan.
  4. Mewujudkan tatanan kepemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, profesional dan pemerintah yang bersih.
  5. Mewujudkan hubungan sosial kemasayarakatan yang haromonis, partisipatif dan berlandaskan nilai-nilai agama, adat dan budaya

 

Tugas Pokok   :
Membantu Bupati dalam melaksanaan urusan Pemerintahan dibidang Perhubungan.

Fungsi :

  1.   Perumusan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2.   Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3.   Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  4.   pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  5.   Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Program Kerja :

  1. PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA
    1. Perencanaan, penganggaran, dan evaluasi kinjer perangkat daerah
      • Penyusunan dokumen perencanaan perangkat daerah
      • Koordinasi dan penyusunan DPA-SSSKPD
      • Evaluasi Kinerja perangkat daerah
    2. Administrasi Perangkat Daerah
      • Penyediaan Gaji dan Tunjangan ASN
      • Pelaksanaan Penatausahaan dan Pengujian/verifikasi keuangan SKPD
    3. Administrasi Barang Milik Daerah pada Perangkat Daerah
      • Penatausahaan Barang Milik Dareah pada SKPD
    4. Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah
      • Pengadaan Pakaian Dinas beserta Atribut Kelengkapannya
    5. Administrasi Umum Perangkat Daerah
      • Penyediaan komponan instalasi listrik/penerangan bangunan kantor
      • Penyediaan Bahan Logistik Kantor
      • Penyediaan barang Cetakan dan Penggandaan
      • Penyediaan Bahan/Material
      • Penyelenggaraan Rapat Koordinasi dan Konsultasi SKPD
    6. Penyediaan Jasa penunjang Urusan Pemerintah Daerah
      • Penyediaan Jasa Surat Menyurat
      • Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik
      • Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor
    7. Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
      • Penyediaan Jasa pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, Pajak dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan
      • Pemeliharaan Peralatan dan Mesin lainnya
      • Pemeliharaan/Rehabilitasi Gedung Kantor dan Bangunan lainnya.
  2. PROGAM PENYELENGGARAAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (LLAJ)

    1. Penyediaan Perlengkapan jalan di Jalan Kabupaten Alor
      • Penyediaan Perlengkapan jalan di Jalan Kabupaten Alor
    2. Pengelolaan Terminal Penumpang Tipe C
      • Pembangunan Gedung Terminal
      • Rehabilitasi dan Pemeliharaan Terminal (Fasilitas Utama dan Pendukung)
    3. Audit dan Inspeksi Keselamatan LLAJ di Jalan
      • Pelaksanaan Inspeksi, Audit dan Pemantauan Pemenuhan Persyaratan Penyelenggaraan Kompetensi Pengemudi Kendaraan Bermotor Kabupaten/Kota
      • Pelaksanaan inspeksi, audit dan pemantauan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum
      • Penyediaan Angkutan Umum Untuk jasa Angkutan Orang dan/atau Barang antar Kota Dalam 1 (satu) Daerah Kabupaten/KotaPenyediaan Angkutan Umum untuk Jasa Angkutan Umum untuk Jasa Angkutan Orang dan/atau Barang Antar Kota dalam 1 (satu) Kabupaten/Kota
  3. PROGRAM PENGELOLAAN PELAYARAN
    1. Pembangunan, Penertiban Izin Pembangunan dan Pengoperasioan Pengumpan Lokal
      • Pembangunan Pelabuhan Pengumpan LokalPengoperasiandan Pemeliharaan Pelabuhan Pengumpulan Lokal

STRUKTUR ORGANISASI

  • Kepala Dinas 
  • Sekretaris
    • Kepala Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan
    • Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan;
    • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  • Bidang Bidang Lalu Lintas Angkutan jalan (LLAJ)
    • Kepala Seksi Angkutan dan Keselamatan LLAJ
    • Analis Kebijakan
    • Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian LLAJ
  • Bidang Bidang Pelayaran
    • Kepala Seksi Angkutan dan Keselamtan Pelayaran
    • Analis Kebijakan
    • Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Lalu Lintas Pelayaran
  • Bidang Bidang Analisis
    • Analis Kebijakan
    • Kepala Seksi Analisa Keamanan dan Pelayaran Penerbangan
    • Kepala Seksi Analisa Dampak Lalu Lintas Jalan dan Pelayaran Penerbangan 

Jumlah Pegawai Negeri Sipil  :   49 Orang

Jumlah Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Pendidikan :

Jenjang Jumlah
  • SD
-
  • SMP
-
  • SMA/SMK
35 Orang
  • DIII
1 Orang
  • DIV
-
  • S1
11 Orang
  • S2
2 Orang

Jumlah Anggaran Tahun 2022 :   Rp. 4.790.282.766,-