VISI MISI

Visi : 

Tersedianya Infrastruktur Pekerjaan Umum & Penataan Ruang Yang Berkwalitas Dan Berkelanjutan Yang Bersinergi Dengan Sektor Lain Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Alor Yang Mandiri Dan Sejahtera.

Visi tersebut mengandung pengertian sebagai berikut :

  1. Infrastruktur Pekerjaan Umum & Penataan Ruang, merupakan sarana dan prasarana fisik terbangun yang meliputi Jalan dan Jembatan, Irigasi dan Sumber Daya Air, serta Bangunan Gedung.
  2. Berkualitas, mengandung arti bahwa infrastruktur terbangun mempunyai umur konstruksi yang optimal sesuai standar yang direncanakan sesuai karakteristik wilayah dan berwawasan lingkungan.
  3. Berkelanjutan, mempunyai pengertian bahwa karena kondisi geografis wilayah yang merupakan daerah kepulauan dengan topografi yang bergunung-gunung serta kebutuhan akan sektor lain yang cukup penting, maka infrastruktur yang akan dibangun tidak dapat dilaksanakan sekaligus tetapi direncanakan secara berkelanjutan.
  4. Bersinergi dengan Sektor Lain, dapat diartikan bahwa infrastruktur yang dibangun dapat mendukung sektor lain dalam rangka pengembangan wilayah.
  5. Masyarakat Alor yang Mandiri dan Sejahtera, berarti masyarakat Alor yang mampu berperan dalam proses pembangunan, mampu bersaing mengelola potensi wilayah sehingga terciptanya lapangan kerja untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dalam rangka meningkatkan indeks pembangunan manusia.

 

Misi : 

  1.   Menciptakan kemitraan dengan masyarakat jasa konstruksi untuk berperan aktif dalam pembangunan;
  2.   Mewujudkan ketersediaan infrastruktur jalan dan jembatan untuk membuka isolasi wilayah serta mempercepat mobilisasi orang dan barang;
  3.   Mewujudkan ketersediaan infrastruktur irigasi dan sumber daya air untuk menjamin pemenuhan air baku demi meningkatkan produktifitas;
  4.   Mewujudkan penataan ruang yang layak dan berwawasan lingkungan secara berkesinambungan;
  5.   Melaksanakan pembinaan bangunan gedung yang memenuhi standar keselamatan dan keamanan bangunan;
  6.   Mewujudkan pelayanan organisasi yang transparan dan akuntabel melalui sistem informasi data yang akurat;
  7.   Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan aparatur dalam rangka meningkakan mutu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian
      serta  meningkatkan mutu pelayanan yang profesional dan bertanggung jawab;
  8.   Menumbuh kembangkan peran serta masyarakat dalam memelihara infrastruktur terbangun.

 

Tugas Pokok dan Fungsi :

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mempunyai tugas dan kewajiban membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang.

Selain melaksanakan tugas tersebut diatas, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, mempunyai fungsi :

  1.    Perumusan kebijakan teknis di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang;
  2.    Pelaksanaan kebijakan di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang;
  3.    Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang;
  4.    Pelaksanaan administrasi di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang, dan;
  5.    Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Bupati, terkait bidang pekerjaan umum dan penataan ruang.

 

Program Kerja :

Program kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Alor merupakan penjabaran dari sasaran-sasaran jangka menengah Renstra. Selain itu, program-program Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Alor juga merupakan program prioritas yang terdapat pada RPJM Kabupaten Alor 2014-2019 dan sesuai dengan tugas dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Program prioritas beserta indikator keluaran program (outcomes) sebagaimana tercantum dalam RPJM selanjutnya dijabarkan kedalam rencana kegiatan untuk setiap program prioritas tersebut. Pemilihan kegiatan untuk masing-masing program prioritas ini didasarkan atas strategi dan kebijakan jangka menengah.

Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Alor merencanakan program dan kegiatan sebagai berikut :

1.    Program Umum/Rutin

    a.   Program Pelayanan Administrasi Perkantoran;

      1.   Kegiatan Penyediaan Jasa Surat Menyurat;
      2.   Kegiatan Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air & Listrik;
      3.   Kegiatan Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perijinan Kendaraan Dinas/Operasional;
      4.   Kegiatan Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan;
      5.   Kegiatan Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja;
      6.   Kegiatan Penyediaan Alat Tulis Kantor;
      7.   Kegiatan Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan;
      8.   Kegiatan Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor;
      9.   Kegiatan Rapat Koordinasi dan Konsultasi Keluar Daerah;
      10.   Kegiatan Rapat Koordinasi dan Konsultasi Dalam Daerah;
      11.   Kegiatan Jasa Penyusunan Dokumen Perencanaan, Penganggaran dan Pertanggung Jawaban Instansional (Penyusunan RKA, DPA, RKT, PKT, LAKIP);
      12.   Kegiatan Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor;
      13.   Kegiatan Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan;
      14.   Kegiatan Penyediaan Bahan Logistik Kantor.

   b.   Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur;

      1.   Kegiatan Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional;
      2.   Kegiatan Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor;
      3.   Kegiatan Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor.

   c.    Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur;

      1.   Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Formal
      2.   Kegiatan Diklat dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa

2.    Bidang Bina Teknik dan Jasa Konstruksi

    a.   Program Peningkatan Kapasitas IPTEK Sistem Produksi;

      1.    Kegiatan Kapasitas Pranata Pengukuran, Standarisasi, Pengujian dan Kualitas

    b.   Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Peralatan;

  1.    Kegiatan Pengadaan Peralatan.

3.    Bidang Kebinamargaan

    1.        Program Pembangunan Jalan dan Jembatan;

    1.   Kegiatan Pembangunan Jalan;

    2.   Kegiatan Pembangunan Jembatan;

    3.   Kegiatan Peningkatan Jalan Kabupaten;

     b.    Program Rehabilitasi/Pemeliharaan Jalan dan Jembatan;

    1.   Kegiatan Pemeliharaan Periodik Jalan;

    2.   Kegiatan Pemeliharaan Rutin Jalan;

    3.   Kegiatan Pemeliharaan Periodik Jembatan;

    4.   Kegiatan Pemeliharaan Rutin Jembatan.

     c.   Program Tanggap Darurat Jalan dan Jembatan;

      1.    Kegiatan Rehabilitasi Jalan dalam Kondisi Tanggap Darurat;
      2.    Kegiatan Rehabilitasi Jembatan dalam Kondisi Tanggap Darurat.

     d.   Program Peningkatan Sarana dan Prasaran Kebinamargaan;

      1.   Kegiatan Rehabilitasi/pemeliharaan alat-alat berat.

4.    Bidang Sumber Daya Air

    1.   Program Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan lainnya;
      1.   Kegiatan Rehabilitasi/Pemeliharaan Jaringan Irigasi,
      2.   Kegiatan Pembangunan/Peningkatan Jaringan Irigasi.

    2.  Program Pengembangan, Pengelolaan dan Konservasi Sungai, Danau dan Sumber Daya Air lainnya;
        1.   Kegiatan Pembangunan dan Rehabilitasi Embung dan Bangunan Air Lainnya.

    3.   Program Penyediaan dan Pengelolaan Air Baku;
        1.   Kegiatan Pembangunan Sumur-sumur air tanah.

    d.    Program Pengendalian Banjir;

      1.   Kegiatan Pembangunan Prasarana Pengamanan Pantai;
      2.   Kegiatan Pembangunan Tanggul Penyelamat Tebing & Tanggul Abrasi Kali.

5. Bidang Penataan Ruang

  a.    Program Pengembangan Wilayah Strategis dan Capat Tumbuh;

      1.    Kegiatan Pembangunan/Peningkatan Infrastruktur.

  b.    Program Pembangunan Saluran Drainase/Gorong-gorong;

          1.    Kegiatan Pembangunan Saluran Drainase/Gorong-gorong.

  c.     Program Pengembangan Jalan Lingkungan;

      1.    Kegiatan Pembangunan Jalan Lingkungan dan Jalan Setapak.

      d.    Program Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH)

      1.    Kegiatan Pengembangan Taman Rekreasi

 

STRUKTUR ORGANISASI

  1.   Kepala Dinas
  2.   Sekretaris, membawahi :
    1.   Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
    2.   Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan;
    3.   Kepala Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan.

  3.   Kepala Bidang Bina Teknik dan Jasa Konstruksi, membawahi :
    1.   Kepala Seksi Rekayasa dan Pengujian Mutu Konstruksi;
    2.   Kepala Seksi Peralatan;
    3.   Kepala Seksi Jasa Konstruksi.

  4.   Kepala Bidang Bina Marga, membawahi :
    1.   Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan;
    2.   Kepala Seksi Pembangunan dan Penggantian Jembatan;
    3.   Kepala Seksi Preservasi Jalan dan Jembatan.

  5.   Kepala Bidang Sumber Daya Air, membawahi :
    1.   Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Air;
    2.   Kepala Seksi Pendayagunaan Sumber Daya Air;
    3.   Kepala Seksi Pengendalian Daya Rusak Air.

  6.   Kepala Bidang Penataan Ruang, membawahi :
    1.   Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Ruang;
    2.   Kepala Seksi Pengembangan dan Pengendalian Ruang;
    3.   Kepala Seksi Pertamanan.

  7.   Unit Pembantu Teknik Dinas (UPTD);
  8.   Kelompok Jabatan Fungsional.

 

                              Daftar Pendidikan/Keahlian ASN Dinas PUPR Kab. Alor

No Jurusan / Bidang Keahlian Jlh Tingkat Pendidikan Ket.
S3 S2 S1 D4 D3 D2

SMU

/SMK

SMP SD
1 Teknik Sipil 8 - - 5 2 1 - - - -  
2 Teknik Arsitektur 2 - - 2 - - - - - -  
3 Teknik Pengairan 1 - - 1 - - - - - -  
4 Teknik Sains Terapan 3 - - 3 - - - - - -  
5 Teknik Mesin 4 - - 4 - - - - - -  
6 Teknik Informatika 1 - - 1 - - - - - -  
7 Pertanian 1 - - 1 - - - - - -  
8 Ekonomi 4 - - 2 - 2 - - - -  
9 Sosial 3 - - 3 - - - - - -  
10 Manajemen - - - - - - - - - -  
11 Hukum 1 - - 1 - - - - - -  
12 Umum 40 - - 0 - - - 25 10 5  

 

 

 

                                  Daftar Normatif ASN Dinas PUPR Kab. Alor

No. Pangkat / Golongan Ruang   Pria Wanita Jumlah
1 Pembina Utama Muda ( IV / c ) - - -
2 Pembina Tingkat  I ( IV / b ) 2 - 2
3 Pembina ( IV / a ) 3 - 3
4 Penata Tingkat I ( III / d ) 7 1 8
5 Penata ( III / c ) 5 1 6
6 Penata Muda Tingkat I ( III / b ) 3 - 3
7 Penata Muda ( III / a ) 4 1 5
8 Pengatur Tingkat I ( II / d) 2 1 3
9 Pengatur ( II / c ) 15 1 16
10 Pengatur Muda Tingkat I ( II / b ) 2 1 3
11 Pengatur Muda ( II / a ) 9 - 9
12 Juru Tingkat I ( I / d ) 1 - 1
13 Juru ( I / c ) 2 - 2
14 Juru Muda Tingkat I ( I / b ) 1 - 1
15 Juru Muda ( I / a ) 3 - 3
 JUMLAH  59 6 65

Jumlah Pegawai Negeri Sipil : 65 Orang


Jumlah Anggaran Tahun 2020 :   Rp. –

No Tahun    Anggaran

Pagu Anggaran

(Rp.)

Ket.
1 2014 99.590.254.026,-  
2 2015 102.786.309.084,-  
3 2016 193.562.834.486,-  
4 2017 126.927.974.028,-  
5 2019 81.043.342.318,-  
6 2020 75.050.549.384,-  

 

                                                        DAFTAR PERALATAN BERAT DI KABUPATEN ALOR

No.

Jenis Peralatan

Jumlah

(unit)

Kondisi (unit)

Beroperasi

(Unit)

Tidak Beroperasi

(Unit)

Ket.

Baik

Rusak Ringan

Rusak Berat

1

Stone Chruser

1

1

-

-

1

-

-

2

Excavator

2

1

-

1

1

1

-

3

Wheel Loader

1

-

1

-

-

1

-

4

Vibrator Rolller

2

2

-

-

2

-

-

5

Truck Tronton

1

1

-

-

1

-

-

6

Dump Truck

5

4

1

-

4

1

-

7

Truck Tangki Air

9

7

-

2

7

2

-

 

 

                                         DATA PANJANG JALAN MENURUT STATUS, TIPE / JENIS PERMUKAAN

No Status Jalan Panjang (km) Tipe / Jenis Permukaan (km)  
Aspal (HRS) Aspal (Lapen) Telford/Agregat Tanah lain – lain Ket.
km % km % km % km % km %  
1 Nasional 145,33 114,95 79,10 10,77 7,41 1,28 0,88 18,33 12,61 - -  
2 Provinsi 123.83 15,17 22,64 48,85 72,91 2,98 4,45 - - - -  
3 Kabupaten 871,16 101,17 11,61 326,37 37,46 45,64 5,24 397,98 45,68 - -  
4 Desa 331,86 - - 16,10 4,85 23,50 7,08 232,26 69,99 62,00 18,68  
Total 1.415,35 231,29 16,34 402,09 28,41 73,40 5,19 648,57 45,82 62,00 4,38  

Data panjang jalan di Kabupaten Alor adalah 1.415,35 km (yang telah ditetapkan)

 

                                                DATA PANJANG JALAN MENURUT KONDISI PERMUKAAN

No. Status Jalan

Panjang

(km)

Kondisi   Permukaan Ket.
Baik Sedang Rusak Rusak sekali
Km % Km % Km % Km %
1 Nasional 145,33 101,32 69,72 12,28 8,45 32,47 22,34 00,00 00,00  
2 Provinsi    123,83 22,22 33,16   22,68 33,85 22,10 32,99 00,00 00,00  
3 Kabupaten    871,16 382,87 43,95 223,45 25,65 264,84 30,40 00,00 00,00  
4 Desa    331,86 60,80 18,32   44,60 13,44 171,56 51,70 62,00 18,68  
Total 1.415,35 567,21 40,08 283,01 20,00 490,97 34,69 62,00 4,38  

 

Berdasarkan data pada Tabel di atas bahwa panjang jalan seluruhnya di Kabupaten yaitu 1.415,35 km. Selain itu pada beberapa daerah yang telah ditangani dengan permukaan aspal, mengalami tingkat kerusakan yang cukup tinggi setiap tahun, walaupun secara total, kondisi jalan yang baik lebih dominan.

                                              

                                        

                                                                                                              DATA JEMBATAN DI KABUPATEN ALOR

No

Status Jalan

Panjang (m)

Jenis Konstruksi Lantai Kendaraan

Jenis Konstruksi Pondasi.

Beton

Kayu

Lain - lain

Sumuran dan

Telapak

Pondasi

Menerus

Jmlh

Panjang

(m)

Jmlh

Panjng

(m)

Jmlh

Panjng

(m)

Jmlh

Panjng

(m)

Jmlh

Panjng

(m)

1

Nasional

587

   43

-

-

-

-

-

-

-

-

-

2

Provinsi

267

22

-

-

-

-

-

-

-

-

-

3

Kabupaten

   345

73

-

2

-

5

-

-

-

-

-

4

Desa

       6

   1

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Jumlah

1.201

139

-

2

-

5

-

-

-

-

-

 

 

                                                                                                    

                                                                                                                                            DATA KONDISI DAERAH IRIGASI

No

Status

Kewenangan

Panjang

( m )

Panjang Jaringan Menurut Kondisi ( m)
Primer Sekunder Tersier
Baik Sedang Buruk Baik Sedang Buruk Baik Sedang Buruk
1 Pemerintah Pusat    9.232,00 863,85 199,35 265,80 3.580,75 840,25 2.241,50 455,70 331,00 454,30
2 Pemerintah Provinsi - - - - - - - - - -
3 Pemerintah Kabupaten    79.630,95    28.523,64 4.234,41 4.983,17 22.061,81 3.267,69 7.913,17 3.051,25 1.469,25 4.126,50
4 Non Status 4.591,50 2.316,50    37,50 187,50         50,00      - - 200,00 300,00 1.500,00
Jumlah 3.454,95 31.703,99 4.471,26 5.436,47 25.642,62 4.107,94 10.154,67 3.706,95 2.100,25 6.080,80

 

                                                                                                                       DATA JARINGAN IRIGASI AIR TANAH

No.

Jenis

JIAT

 

Jumlah

(unit)

Peruntukan (unit)

Kondisi

(Unit)

Beroperasi

(Unit)

Tidak

Beroperasi (unit)

Ket.
Irigasi Air Minum Air Minum + Irigasi

Lain-

Lain

Baik Rusak
1 Sumur Bor 31 4 25 4 - 22 9 18 15  
2 Pompa Air Baku 2 - 2 - - 2 - 2 -  
Jumlah 33 4 27 4 - 24 9 20 15  

 

 

                                          DATA BAGUNAN KONSTRUKSI PENGAMAN PANTAI DAN PENGENDALI BANJIR/PERLINDUNGAN TEBING

No.

Lingkup

Konstruksiii

Panjang

(m)

Jenis Konstruksi

(m)

Kondisi (m) Belum tertangani
Beton Pas. Batu Bronjong Baik Sedang Rusak Panjang (m)

Kondisi kerusakan

(%)

1 Pengamanan Pantai 3.250,37 - 3.145,37 105 2.275,26 325,04 650,07 17.345        70
2

Pengendali Banjir /

Pengaman Sungai/Kali

4.212,77

- 3.957,77 255 3.370,22 210,64 631,92 26.098          80
Jumlah 7.463,14. - 7.103,14 360 5.645,48 535,68 1.281,99 43.443       75

 

                                                                                   DATA EMBUNG, WADUK, BENDUNGAN

No

Lingkup

Bangunan

 

Jumlah

(buah)

Jenis Konstruksi

(unit)

Peruntukan

(unit)

Kondisi
Beton

Pas.

Batu

Urugan

Campuran

Pas batu + urugan

Irigasi

Air

Minum

Irigasi +

Air

Minum

Lain-lain Baik Rusak
1 Embung 9 - - 2 5 4 3

-

-

3 4
2 Waduk

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

3 Bendungan

1

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

4 Lain – lain

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Jumlah 10 - - 2 5 4 3 - - 3 4

 

 

No.

Jenis Peralatan

Jumlah

(unit)

Kondisi (unit)

Beroperasi

(Unit)

Tidak Beroperasi

(Unit)

Ket.

Baik

Rusak Ringan

Rusak Berat

1

Stone Chruser

1

1

-

-

1

-

-

2

Excavator

2

1

-

1

1

1

-

3

Wheel Loader

1

-

1

-

-

1

-

4

Vibrator Rolller

2

2

-

-

2

-

-

5

Truck Tronton

1

1

-

-

1

-

-

6

Dump Truck

5

4

1

-

4

1

-

7

Truck Tangki Air

9

7

-

2

7

2

-