Visi Misi 

Visi : 
"Terwujudnya peningkatan penerimaan pendapatan daerah secara optimal dan berkelanjutan serta peningkatan pendapatan pajak dan retribusi secara transparan dan akuntabel demi terciptanya kredibilitas, keterbukaan dan keandalan sistem manajemen keuangan daerah"

Misi : 

Adapun Misi dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Alor, adalah :

  1. Meningkatkan profesionalisme aparatur dan kinerja pengelolaan pendapatan pajak dan retribusi daerah;
  2. Meningkatkan kelancaran sistem dan mekanisme kerja serta sistem pengawasan dan pertanggungjawaban untuk mendukung pemerintah yang baik;
  3. Memantapkan kelembagaan dalam pengelolaan sumber-sumber pendapatan daerah secara efisien, efektif dan profesional;
  4. Meningkatkan penngelolaan keuangan sesuai standar serta meningkatkan kualitas aparatur pemerintah desa;

Tugas Pokok :
Membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian urusan penunjang pemerintahan bidang keuangan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

Fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis sesuai lingkup tugasnya;
  • Pelaksanaan dukungan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan 
  • Pelaksanaan funsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan  tugas dan fungsinya;

Program Kerja :

  1. Mengembangkan pola penataan pengelolaan pendapatan pajak dan retribusi daerah yang memenuhi asas efektifitas, transparan, akuntabel, konsisten, komperabilitas dan akurat;
  2. Mengembangkan pola kerjasama kemitraan, penguatan kelembagaan di daerah serta sistem pengawasan dan pertanggungjawaban untuk mendukung pemerintahan yang baik;
  3. Mengembangkan pola penataan pertanahan untuk meningkatkan pemanfaatan dan penggunaan tanah secara adil, transparan dan produktif dengan mengutamakan hak-hak rakyat setempat termasuk hak untuk hidup dan hak masyarakat adat, serta tata ruang wilayah yang serasi dan seimbang;
  4. Mengembangkan kualitas pengelolaan pendapatan pajak dan retribusi daerah sesuai standar dan tepat waktu.

STRUKTUR ORGANISASI

  • Kepala Dinas ;
  • Kelompok Jabatan Fungsional;
  • Sekretaris;
    • Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan;
    • Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan;
    • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

  • Bidang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah;
    • Sub Bidang Pendaftaran dan Pendataan;
    • Sub Bidang Perhitungan Penetapan;
    • Sub Bidang Retribusi Daerah.

  • Bidang Pajak Bumi Bangunan;
    • Sub Bidang Pendataan;
    • Sub Bidang Penilaian dan Penetapan;
    • Sub Bidang Pengolahan Data dan Informasi.

  • Bidang Operasional Pemungutan dan Penagihan;
    • Sub Bidang Perencanaan dan Perundang-undangan;
    • Sub Bidang Pemungutan dan Penagihan;
    • Sub Bidang Penyelesaian Keberatan.

    Bidang Pembukuan, Pelaporan dan BPHTB;
    • Sub Bidang Pembukuan Pelaporan;
    • Sub Bidang Benda Berharga;
    • Sub Bidang BPHTB dan dana Transfer.

UPTD

 DATA KEPEGAWAIAN BADAN PENDAPATAN DAERAH TAHUN 2020

    • Jumlah Pegawai  Organik  :   55 Orang
    • Jumlah Pegawai Non Organik (Tenaga Honorer dan Latihan )  :  52 Orang

Jumlah pegawai Berdasarkan Pendidikan :

No Jabatan

Pangkat

/Gol


Eselon
Tingkat Pendidikan Jumlah
   S2      S1     DIII  SLTA SLTP  SD   
1   PNS
   Kepala Badan IV/c II - 1
-
- - - 1
   Sekretaris  IV/a III/a - 1
-
- - - 1
   Kepala Bidang IV/a III/b - 3 -

1 - - 4
   Kepala Bidang III/d III/b - -
-
- - - -
   Kepala Subag /   Seksi III/d dan III/c IV/a - 12 1 2 - - 15
   Staf Pelaksana     - 3 2

27 2 - 34
   Jumlah     - 20 3 30 2 - 55
2  HONORER DAN LATIHAN
   Staf Pelaksana       21 3 28     52


Jumlah pegawai Berdasarkan Golongan :

  • Golongan   I     :     2 Orang
  • Golongan II      :   25 Orang
  • Golongan III    :   23 Orang
  • Golongan IV    :     5 Orang
    Jumlah            :   55 Orang

 

Jumlah pegawai Berdasarkan Jumlah Jabatan :

  • Struktural      :   21 Orang
  • Fungsional     :   34 Orang
    Jumlah         :   55 Orang

Jumlah pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Jenis Kelamin :

  • Laki-laki        :   33 Orang
  • Perempuan    :   22 Orang
    Jumlah         :   55 Orang

Jumlah pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Agama yang dianut :

  • Islam                     :   13 Orang
  • Kristen Protestan    :   38 Orang
  • Katolik                   :     4 Orang
    Jumlah                  :   55 Orang

Jumlah pegawai Negeri Sipil Per Bidang dan Sekretariat :

  • sekretariat            :   13 Orang
  • PBB                      :     7 Orang
  • Pajak & Retribusi   :     7 Orang
  • Operasional           :  23 Orang
  • BUKLAP                 :   6 Orang

    • Jumlah Anggaran Tahun 2020 :   Rp. 3.239.629.500,-