Visi Misi 

Visi : 
"Terwujudnya peningkatan penerimaan pendapatan daerah secara optimal dan berkelanjutan serta peningkatan pendapatan pajak dan retribusi secara transparan dan akuntabel demi terciptanya kredibilitas, keterbukaan dan keandalan sistem manajemen keuangan daerah"

Misi : 

Adapun Misi dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Alor, adalah :

  1. Mewujudkan kesejahteraan dan ketahanan ekonomi masyarakat dan daerah dengan mengoptimalkan pemanfaatan Sumber Daya Alam.
  2. Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang sehat, kreatif, cerdas, berakhlak mulia dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana yang representatif diwilayah strategis, wilayah perbatasan dan wilayah terisolasi yang berwawasan lingkungan.
  4. Mewujudkan tatanan kepemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, profesional dan pemerintahan yang bersih.

Tugas Pokok :
Membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan dibidang pendapatan daerah Kabupaten Alor (seusai PERDA Kabupaten Alor No. 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabuapten Alor).

Fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis sesuai lingkup tugasnya;
  • Pelaksanaan dukungan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan 
  • Pelaksanaan funsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan  tugas dan fungsinya;

Program Kerja :

  1. Program Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota
    1. Perencanaan, penganggaran dan evaluasi kinerja perangkat daerah
    2. Administrasi keuangan perangkat daerah
    3. Administrasi Pendapat Daerah Kewenangan Perangkat Daerah
    4. Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah
    5. Administrasi Umum Perangkat Daerah
    6. Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah
    7. Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah
  2. Program Pengelolaan Keuangan Daerah
    1. Koordinasi dan penyusunan Rencana Anggaran Daerah
    2. Pengelolaan data dan implementasi sistem informasi Pemerintah Daerah lingkup Keuangan Daerah
  3. Program Pengelolaan Barang Milik Daerah
  4. Program Pengelolaan Pendapatan Daerah

STRUKTUR ORGANISASI

  • Kepala Dinas ;
  • Kelompok Jabatan Fungsional;
  • Sekretaris;
    • Perencana Muda
    • Analis Keuangan Pusat dan Daerah Muda
    • Kasubag Umum dan Kepegawaian

  • Bidang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah;
    • Analis Keuangan Pusan dan Daerah Muda
    • Kasubid Retribusi Daerah
    • Kasubid Pendataan dan Pendaftaran

  • Bidang Pajak Bumi Bangunan;
    • Kasubid Pengolahan Data dan Informasi
    • Analis Keuangan Pusat dan Derah Muda
    • Kasubid Pendataan

  • Bidang Operasional Pemungutan dan Penagihan;
    • Sub Bidang Pemungutan dan Penagihan;
    • Sub Bidang Penyelesaian Keberatan.
    • Perancang Peraturan Perundang-undangan
    Bidang Pembukuan, Pelaporan dan BPHTB;
    • Sub Bidang Pembukuan Pelaporan;
    • Sub Bidang Benda Berharga;
    • Analis Keuangan Pusat dan Daerah Muda

UPTD

 DATA KEPEGAWAIAN BADAN PENDAPATAN DAERAH TAHUN 2020

    • Jumlah Pegawai  Organik  :   43 Orang
    • Jumlah Berdasarkan Pendidikan :
    • Jenjang Jumlah
      • SD
      -
      • SMP
      1 Orang
      • SMA/SMK
      18 Orang
      • DIII
      2 Orang
      • DIV
      1 Orang
      • S1
      20 Orang
      • S2
      -
      • S3
      -
      • Jumlah Anggaran Tahun 2022 :   Rp. 14.457.442.635,-