Visi Misi
Visi :
Mewujudkan Kabupaten Alor Yang Mandiri dan Terbaik Dalam Indeks Pembangunan Manusia Melalui Kepemerintahan Yang Bersih dan Berwibawa.
Misi :
- Mewujudkan kesejahteraan dan ketahanan ekonomi masyarakat dan daerah dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam;
- Mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, kreatif, cerdas, berakhlak mulia, dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
- Mewujudkan pembangunan sarana danprasarana yang representative di wilayah strategis, wilayah perbatasan dan wilayah terisolir yang berwawasan lingkungan;
- Mewujudkan tatanan keperintahan yang demokratis, transparan, akuntabelk, professional dan pemerintahan yang bersih;
- Mewujudkan hubungan social kemasyarakatan yang hormonis, partisipatif dan berdasarkan nilai-nilai agama, adat dan budaya.
Tugas Pokok :
Inspektorat mempunyai tugas pokok membantu Bupati membina dan mengawasi pelaksanaan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan perangkat daerah.
Fungsi :
Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut Inspektorat Daerah Kabupaten Alor memiliki fungsi sebagai berikut :
- Perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
- Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui auidit, review, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya;
- Pelaksnaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas persetujuan Bupati;
- Penyusunan laporan hasil pengawasan;
- Pelaksanaan administrasi inspektorat Kabupaten; dan
- Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
Program Kerja :
Rencana program dan kegiatan Inspektorat Kabupaten Alor periode Tahun 2019 – 2024 sebagai berikut :
- Program Pelayanan Adminstrasi Perkantoran
Hasil Outcome : Terlayaninya Adminstrasi Perkantoran
Prosentasi Pemenuhan Sarana dan Prasarana Kegiatan
- Penyediaan jasa surat menyurat :
Indikator Keluaran (Output) : Jumlah surat masuk dan keluar yang dikelola
Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat
- Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik
Indikator Keluaran (Output) : Jumlah langgan yang harus dibayar
Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat
- Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan :
Indikator keluaran (Output) : Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (SPJ Fungsional)
Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat
- Penyediaan peralatan dan perlengkapan
Indikator Keluaran (Output) : Jenis barat yang dibutuhkan
Kelompok Ssarfan : Sekretariat Inspektorat
- Penyediaan makan minum
Indikator Keluaran (Output) : Jumlah konsumsi rapat koordinasi rutin
Kelompok Sasaran : Tamu dan aparatur Inspektorat
- Sarana dan Prasarana Aparatur
Indikator Keluaran (Ooutput) : Terpilihnya sarana dan prasarana aparatur
Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat
- Pengadaan Kendaraan Dinas\
Indikator Keluaran (Output) : jumlah kendaraan dinas yang diadakan
Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat
- Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
Hasil (Outcome) : Terpelihara sarana dan prasarana kondisi baik kegiatan
Indidkator Keluaran (Output) : JUmlah kendaraan yang diadakan
Kelompok Sasaran : Aparatur Inspektorat
Indikator Keluaran (Output) : Jumlah kendaraan dinas yang baik dan layak jalan.
Kelompok Sasaran : Aparatur Inspektorat
Indikator Keluaran (Output) : Jenis/item perlengkapan kantor yang dipelihara
Kelompok Sasaran : Aparatur Inspektorat.
- Program PeningkatanSistem Pengawasan Internal danPengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH
Hasil (Outcome) : Meningkatnya akuntabilitas kinerja pemerintahan\
Indikator Keluaran (Output) :
- Presentase akuntabilitas kinerja SKPD/SOPD minimal BB
- Penurunan Jumlah Temuan Pemeriksaan Bersifat Material
- Presentase Kematangan Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) SKPD/OPD
- Cakupan Kormonev & PElaporan Pencegahan dan Pemberatasan Korupsi yang difasilitasi
- Presentase Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP)
- Presentase pelanggaran pegawai
- Jumlah temuan BPK.
- Program Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan
Hasil (Outcome) : Meningkatnya pengetahuan dan kompetensi aparatur pengawasan
Indikator : Tingkat Kapabilitas APIP Inspektorat Kab. HSU
Kegiatan : Pelatihan pengembangan Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan
Indikator Keluaran (Output) : Jumlah APIP yang mengikuti Diklat Teknis dan Substansi pengawasan.
Kelompok Sasaran : Aparatur Pengawasan
- Program Pemberantasan Praktek Pungutan Liar (PUNGLI)
Hasil (Outcome) : Terlaynai Administrasi Perkantoran
Hasil (Outcome) : Penyelenggaraan Pelayanan Umum Bebas Pungli
Kegiatan : Dukungan Pelaksanaan Tugas Satgas Saber Kabupaten
Indikator Keluaran (Output) : Dilaksanakannya pencegahan dan penanganan pungutan liar
Kelompok Sasaran : Aparatur Pengawasan
STRUKTUR ORGANISASI
- Inspektur
- Sekretaris
- Kepala Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan
- Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan
- Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
- Kelompok Jabatan Fungsional
- Irban Wilayah I
- Irban Wilayah II
- Irban Wilayah III
- Irban Wilayah IV
Jumlah Pegawai : 33 Orang
Jumlah Berdasarkan Pendidikan :
Jenjang | Jumlah |
|
- |
|
1 Orang |
|
10 Orang |
|
2 Orang |
|
2 Orang |
|
17 Orang |
|
1 Orang |
|
- |
Data Potensi : Ruang Jasa dan Konsultasi
Jumlah Anggaran Tahun 2020 : Rp. ---,-
Contact Person: 0813 3786 9954 (Titus Y. O. Momay, Se/kasubat Program dan Evaluasi)