Visi Misi 

Visi : 
Mewujudkan Kabupaten Alor Yang Mandiri dan Terbaik Dalam Indeks Pembangunan Manusia Melalui Kepemerintahan Yang Bersih dan Berwibawa.

Misi : 

  1. Mewujudkan kesejahteraan dan ketahanan ekonomi masyarakat dan daerah dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam;
  2. Mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, kreatif, cerdas, berakhlak mulia, dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  3. Mewujudkan pembangunan sarana danprasarana yang representative di wilayah strategis, wilayah perbatasan dan wilayah terisolir yang berwawasan lingkungan;
  4. Mewujudkan tatanan keperintahan yang demokratis, transparan, akuntabelk, professional dan pemerintahan yang bersih;
  5. Mewujudkan hubungan social kemasyarakatan yang hormonis, partisipatif dan berdasarkan nilai-nilai agama, adat dan budaya.

Tugas Pokok :

Inspektorat mempunyai tugas pokok membantu Bupati membina dan mengawasi pelaksanaan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan perangkat daerah.

Fungsi : 

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut Inspektorat Daerah Kabupaten Alor memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
  2. Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui auidit, review, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya;
  3. Pelaksnaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas persetujuan Bupati;
  4. Penyusunan laporan hasil pengawasan;
  5. Pelaksanaan administrasi inspektorat Kabupaten; dan
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Program Kerja :
Rencana program dan kegiatan Inspektorat Kabupaten Alor periode Tahun 2019 – 2024 sebagai berikut :

  1. Program Pelayanan Adminstrasi Perkantoran

Hasil Outcome : Terlayaninya Adminstrasi Perkantoran

Prosentasi Pemenuhan Sarana dan Prasarana Kegiatan

  1. Penyediaan jasa surat menyurat :

Indikator Keluaran (Output) : Jumlah surat masuk dan keluar yang dikelola

Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat

  1. Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik

Indikator Keluaran (Output) : Jumlah langgan yang harus dibayar

Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat

  1. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan :

Indikator keluaran (Output) : Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (SPJ Fungsional)

Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat

  1. Penyediaan peralatan dan perlengkapan

Indikator Keluaran (Output) : Jenis barat yang dibutuhkan

Kelompok Ssarfan : Sekretariat Inspektorat

  1. Penyediaan makan minum

Indikator Keluaran (Output) : Jumlah konsumsi rapat koordinasi rutin

Kelompok Sasaran : Tamu dan aparatur Inspektorat

  1. Sarana dan Prasarana Aparatur

Indikator Keluaran (Ooutput) : Terpilihnya sarana dan prasarana aparatur

Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat

  1. Pengadaan Kendaraan Dinas\

Indikator Keluaran (Output) : jumlah kendaraan dinas yang diadakan

Kelompok Sasaran : Sekretariat Inspektorat

  1. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

Hasil (Outcome) : Terpelihara sarana dan prasarana kondisi baik kegiatan

Indidkator Keluaran (Output) : JUmlah kendaraan yang diadakan

Kelompok Sasaran : Aparatur Inspektorat

Indikator Keluaran (Output) : Jumlah kendaraan dinas yang baik dan layak jalan.

Kelompok Sasaran : Aparatur Inspektorat

Indikator Keluaran (Output) : Jenis/item perlengkapan kantor yang dipelihara

Kelompok Sasaran : Aparatur Inspektorat.

  1. Program PeningkatanSistem Pengawasan Internal danPengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH

Hasil (Outcome) : Meningkatnya akuntabilitas kinerja pemerintahan\

Indikator Keluaran (Output) :

-       Presentase akuntabilitas kinerja SKPD/SOPD minimal BB

-       Penurunan Jumlah Temuan Pemeriksaan Bersifat Material

-       Presentase Kematangan Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) SKPD/OPD

-       Cakupan Kormonev & PElaporan Pencegahan dan Pemberatasan Korupsi yang difasilitasi

-       Presentase Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP)

-       Presentase pelanggaran pegawai

-       Jumlah temuan BPK.

  1. Program Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan

Hasil (Outcome) : Meningkatnya pengetahuan dan kompetensi aparatur pengawasan

Indikator : Tingkat Kapabilitas APIP Inspektorat Kab. HSU

Kegiatan : Pelatihan pengembangan Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan

Indikator Keluaran (Output) : Jumlah APIP yang mengikuti Diklat Teknis dan Substansi pengawasan.

Kelompok Sasaran : Aparatur Pengawasan

  1. Program Pemberantasan Praktek Pungutan Liar (PUNGLI)

Hasil (Outcome) : Terlaynai Administrasi Perkantoran

Hasil (Outcome) : Penyelenggaraan Pelayanan Umum Bebas Pungli

Kegiatan : Dukungan Pelaksanaan Tugas Satgas Saber Kabupaten

Indikator Keluaran (Output) : Dilaksanakannya pencegahan dan penanganan pungutan liar

Kelompok Sasaran : Aparatur Pengawasan

STRUKTUR ORGANISASI

  1. Inspektur
  2. Sekretaris
    1. Kepala Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan
    2. Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan
    3. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
    4. Kelompok Jabatan Fungsional
    5. Irban Wilayah I
    6. Irban Wilayah II
    7. Irban Wilayah III
    8. Irban Wilayah IV

Jumlah Pegawai   :   33 Orang

Jumlah Berdasarkan Pendidikan :

Jenjang Jumlah
  • SD
-
  • SMP
1 Orang
  • SMA/SMK
10 Orang
  • DIII
2 Orang
  • DIV
2 Orang
  • S1
17 Orang
  • S2
1 Orang
  • S3
-

Data Potensi : Ruang Jasa dan Konsultasi

Jumlah Anggaran Tahun 2020 :   Rp. ---,-

Contact Person:   0813 3786 9954 (Titus Y. O. Momay, Se/kasubat Program dan Evaluasi)