admin

admin

Bupati kunjungi pasar

JELANG IDUL FITRI DAN ANTISIPASI COVID, BUPATI KUNJUNGI PASAR LIPA

Dalam rangka menanggulangi penyebaran covid 19 serta menjelang perayaan hari raya Idul Fitri, Bupati Alor, Drs. Amon Djobo, didampingi oleh Kapolres Alor AKBP Agusthinus Christmas, S.I.K, Dandim 1622 Alor, Letkol Inf. Supyan Munawar, S.Ag, serta Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Alor, dr. Ketut Indrajaya, memantau langsung kondisi Pasar Inpres Lipa sekaligus membagi masker kepada masyarakat, pada Jumad (7/5).

Bupati Djobo saat diwawancara menyampaikan bahwa kehadirannya kali ini untuk memantau langsung penerapan protokol kesehatan di pusat – pusat ekonomi masyarakat. Menurutnya pembagian masker kepada masyarakat dalam rangka menyadarkan mereka untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kita pantau tempat – tempat umum, baik itu pasar, terminal, pertokoan, mampu memberi rasa aman, nyaman dari kondisi covid ini. Khusus untuk masyarakat, terutama masuk pada hari raya idul fitri. Di tempat – tempat umum ini bukan berarti masyarakat tidak bisa beli masker, bukan, tapi mungkin ada yang kelupaan, ada juga yang karena sibuk mungkin tertinggal di rumah, ya saya, pak Kapolres, Pak Dandim dengan teman – teman di Dinas Kesehatan, termasuk Anggota TNI / POLRI kami turun ini bukan menakut – nakuti, bukan, kita sekaligus lihat tempat keramaian ini dan memang yang tidak pakai kita kasi, supaya protokol kesehatan ini bisa jalan, Covid ini bisa tertanggulangi dengan baik” demikian ungkap Bupati Djobo.

Sementara itu Kapolres Alor, AKBP Agusthinus Christmas S.I.K mengatakan bahwa berdasarkan pantauannya sebagian besar masyarakat sudah mulai tertib menggunakan masker, walaupun masih ada beberapa yang tidak menggunakannya. Kepada yang tidak membawa masker, dirinya bersama Bupati dan Dandim telah membagikan masker.

“Kalau kita lihat sebagian besar masyarakat sudah tertib dalam melaksanakan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker. Memang ada satu dua yang tidak menggunakan masker, yang tertinggal atau terlepas, sehingga kita sama Pak Bupati, Pak Dandim, tadi juga memberikan masker untuk mengingatkan kembali masyarakat bahwa masa pandemic ini masih belum berakhir”.

Dandim 1622 Alor, Letkol Inf. Supyan Munawar, S.Ag juga menghimbau agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan serta tidak menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya.

“Kepada masyarakat tetap untuk memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan apapun juga tetap laksanakan protokol kesehatan. Jangan lengah, dan jangan menyebar informasi yang belum jelas beritanya”. (Seka)

pangdam ix

PANGDAM IX BANTU PERALATAN SEKOLAH BAGI ANAK TERDAMPAK BENCANA

Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, memberikan bantuan berupa peralatan sekolah kepada anak – anak korban bencana banjir bandang di Desa Malaipea, Kecamatan Alor Selatan. Bantuan berupa sepatu, alat tulis, pakaian layak pakai, serta makanan tersebut diserahkan langsung oleh Dandim 1622 Alor, Letkol Inf. Supyan Munawar, S.Ag.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Dandim 1622 Alor menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Pangdam IX Udayana telah disalurkan secara langsung kepada anak – anak korban bencana.

“Kami dari Kodim 1622 Alor pada kesempatan hari kemaren melaksanakan pendistribusian bantuan dari Pangdam IX Udayana berupa sepatu untuk anak – anak sekolah, juga ada alat tulis, dan juga ada pakaian – pakaian layak pakai, serta makanan – makanan. Bantuan – bantuan ini tentunya diberikan kepada mereka yang terdampak bencana alam khususnya yang ada di desa Malaipea”.

Munawar berharap agar bantuan ini dapat meningkatkan motivasi belajar anak sehingga kedepannya mereka menjadi anak – anak yang pintar dan dapat menjadi pemimpin di masa depan.

“Tentunya kami berharap dari apa yang diberikan juga kami menginginkan berharap bahwa anak – anak ini mereka menjadi anak – anak yang pintar dan menjadi generasi – generasi penerus di Alor dan menjadi pemimpin – pemimpin kedepannya. Tentunya kami ikut mencerdaskan dan akan bangga terhadap mereka yang berprestasi berada di Alor ini” ungkap Munawar.

Merespon hal ini, Ketua BPD Desa Malaipea, Kecamatan Alor Selatan, Mery Padafing, mengungkapkan terima kasih kepada Pangdam IX Udayana, Danrem 161 Wirasakti, Dandim 1622 Alor, bersama Ketua Persit dan seluruh jajaran Kodim 1622 Alor yang selalu hadir dan membantu masyarakat Desa Malaipea.

“Dan di sini kehadiran Kodim 1622 Alor bersama Persit Kartika Chandra Kirana yang membantu masyarakat di dalam penanganan pasca bencana longsor dan banjir kurang lebih mendekati dua bulan kepada kami masyarakat Desa Malaipea bersama perangkat desa dan juga masyarakat dalam penangangan pasca bencana ini. Dan harapan kami masyarakat desa Malaipea kepada Bapak TNI bersama anggota yang selama ini menangani bencana, tidak ada kado berharga yang dapat kami berikan hanyalah ucapan limpah terima kasih kepada Pangdam IX Udayana, Danrem 161 Wirasakti, Dandim 1622 Alor, bersama Ketua Persit dan seluruh jajaran Kodim 1622 Alor kiranya Tuhan memberkati seluruh perjuangan bapak ibu di dalam membantu masyarakat desa Malaipea terkhusus pada pasca bencana 4 April 2021”. (Seka).

kadis kominfo

MUAZ KAMIS PIMPIN DISKOMINFO ALOR

Melalui Surat Keputusan Bupati Alor nomor BKPSDM.821.2/1076/V/2021, tanggal 5 Mei 2021, Tentang pemberhentian dan pengangkatan Pegawai Sipil Daerah dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Alor, Muaz Abdulrachman Kamis, SH, secara resmi diangkat Bupati Alor, Drs. Amon Djobo sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Alor pada Senin (10/5) di Aula Lantai III Kantor Bupati Alor. Mantan Kadis Perdagangan Kabupaten Alor menggantikan Drs. Imanuel Djobo, M.Si yang telah menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPRD Alor, Drs. Yulius Mantaon, mengatakan bahwa jabatan baru yang diemban kali ini memiliki tugas yang lebih luas lagi yakni menginformasikan dan mencerahkan masyarakat Alor agar lebih maju lagi.

“Kalau dulu jabatan lama dengan tugas – tugasnya, jabatan baru ini lebih luas lagi, bagaimana menginfromasikan, memberikan pencerahan kepada masyarakat Alor untuk maju selangkah lagi”

Sementara itu Bupati Alor, Drs. Amon Djobo dalam sambutannya memberikan motivasi baik kepada pejabat baru maupun kepada pimpinan OPD lain yang menghadiri kegiatan tersebut agar terus semangat dalam bekerja tanpa melihat apakah itu tempat kering maupun basah. Djobo juga pada kesempatan itu mengingatkan agar dalam menjalankan tugas dapat membangun koordinasi secara baik dengan pimpinan level menengah hingga staf.

“Jabatan besar ataupun kecil dimanapun kita ditempatkan, dipercayakan oleh atasan, koordinasi harus dibangun. Ingat, tidak bisa kita sendiri. Koordinasi harus dibangun. Kerjasama antara bawahan dan atasan harus dibangun” demikian ungkap Bupati Djobo. (Seka)

asdp

ASDP KALABAHI AKAN MENGOPERASIKAN GENOSE

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kalabahi dalam waktu dekat akan mengoperasikan alat pendeteksi Covid19 yang diciptakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Genose. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Satpel Penyeberangan Kalabahi, Thobias Ena Mau, saat ditemui di Kantor ASDP Kalabahi.

Menurutnya Genose sudah berada di Kalabahi sejak tanggal 21 April 2021 dan sudah masuk ke tahap uji coba.

“Alat genose ini sudah berada di Satpel penyeberangan Kalabahi itu sejak tanggal 21 April 2021 itu kita sudah mulai uji coba”.

Terkait harga, Enamau menyampaikan bahwa hingga saat ini belum mendapat arahan khusus. Disampaikan olehnya juga bahwa selama masa uji coba ini, pelayanan Genose dilakukan secara gratis.

“Kalau untuk biaya sekali Genose kita sampai saat ini belum dapat arahan terkait dengan biaya. Kita masih memberikan pemeriksaan Genose ini secara gratis selama uji coba” ujarnya.

Disampaikan juga oleh Enamau bahwa untuk memecahkan antrian saat melakukan pelayanan kepada masyarakat, maka masyarakatkan dihimbau untuk melakukan tes Genose satu hari sebelum keberangkatan. Sementara untuk masa berlaku Genose, menurutnya akan berlaku 1 X 24 jam.

“Untuk mengatur strategi biar terhindar dari antrian panjang, kita mengantisipasi dengan pemeriksaannya satu hari sebelum jadwal keberangkatan kapal. Masa berlaku, satu kali 24 jam sesuai dengan surat edaran gugus tugas Covid nomor 12 tahun 2021”.

Enamau melanjutkan bahwa saat ini ASDP Kalabahi akan menyiapkan tiga staf yang sudah dilatih khusus sebagai operator Genose.

“Untuk operator memang ada tiga orang dari Satpel penyeberangan Kalabahi untuk melakukan pemeriksaan alat Genose” kata Enamau.

Sementara itu berkaitan dengan tahapan, menurutnya nantinya calon penumpang akan masuk ke ruang pemeriksaan, lalu mengisi formulir, selanjutnya mengambil nafas dan diperiksa oleh alat pendeteksi. Untuk semua tahapan ini menurut Enamau akan berlangsung selama delapan hingga sepuluh menit.

“Untuk tahapan pemeriksaan, calon penumpang akan masuk ke ruang pemeriksaan, akan mengambil pengambilan data, isi formulir, selanjutnya pengambilan nafas, dan melakukan pemeriksaan. Untuk total pemeriksaan satu calon penumpang itu bisa membutuhkan 8 sampai 10 menit” ujarnya.

Apabila selama proses pemeriksaan ada calon penumpang yang ditemukan reaktif covid 19, menurut Enamau, yang bersangkutan akan langsung dijemput oleh tim Satgas Covid Kabupaten untuk selanjutnya dilakukan perawatan lebih lanjut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan juga Satgas Covid Kabupaten Alor apabila ada calon penumpang yang diprediksi reaktif itu kita sudah berkoordinasi, selanjutnya akan kita hubungi petugas gugus covid Kabupaten Alor untuk menindaklanjutinya. Nanti calon penumpang ini akan dibawa oleh dari pihak Rimah Sakit atau Satgas Covid”

Sementara itu saat melakukan uji coba Genose, Bupati Alor, Drs. Amon Djobo dinyatakan negative covid 19. Berdasarkan hasil pantauan tim redaksi, waktu pelayanan yang dibutuhkan untuk memeriksa Bupati Alor tidak sampai 10 menit. (Seka)

dr ketut

ALOR KEMBALI ZONA HIJAU

Kondisi Alor berkaitan dengan perkembangan Covid 19 per hari ini menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Alor, dr. Ketut Indrajaya, bebas dari covid 19 atau berada pada zona hijau. Hal ini disampaikan olehnya disela kunjungan bersama Bupati Alor di Pasar Inpres Kalabahi.

“Untuk kondisi sekarang ini, kemaren sudah dijelaskan itu, terkonvirmasi 117, terus yang meninggal 9, tapi untuk sekarang ini di rumah sakit kosong, dan sampai hari ini, sekarang tanggal 6 ya, belum ada yang positif lagi” ujar Indrajaya.

Walaupun saat ini rumah sakit Kalabahi kosong dari pasien Covid, Inderajaya menghimbau agar masyarakat tetap waspada, terutama menjelang mudik lebaran mendatang. Menurutnya ini adalah fenomena gunung es yang bisa sewaktu – waktu muncul, untuk itu dirinya berharap agar kondisinya tetap seperti ini.

“Ini kan fenomena gunung es, kita belum tahu. Doa dan harapan kita dia terus seperti ini. (Seka)

tni bangun jembatan

TNI AD KERJAKAN JEMBATAN HANYA DALAM WAKTU DELAPAN HARI

Dalam waktu delapan hari TNI Angkatan Darat berhasil membangun jembatan sepanjang 21 Meter yang menghubungkan empat kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Alor Timur Laut, Kecamatan Alor Selatan, Kecamatan Mataru dan Kecamatan Pureman.

Jembatan Siboil yang terletak di Desa Waisika, Kecamatan Alor Timur Laut ini sebelumnya terputus akibat disapu banjir bandang pada awal April 2021 silam.

“Untuk pembangunannya sendiri yang kami rencanakan sepuluh hari dan nyatanya sebenarnya delapan hari sudah bisa kami selesaikan” demikian ungkap Danyon Zikon 13, Letkol Czi Alid Setiawan, saat ditemui usai Peresmian jembatan Bailey Siboil, pada Kamis (6/5).

Menurutnya animo masyarakat dalam membantu TNI – POLRI cukup besar dalam membangun jembatan tersebut sehingga proses pembangunannya dapat dilaksanakan lebih awal dari target.

“Animo dan antusiasme masyarakat disini juga sangat besar sekali itu yang kami ucapkan terima kasih. Dari mulai awal kami datang di sini, bahkan sebelum kami datang masyarakat sudah berkontribusi dengan menyiapkan material dengan dipelopori oleh jajaran Kodim dan Polres sehingga kami datang sudah terbantu dengan terkumpulnya material yang ada disini”.

Terkait hal ini Danrem 161 Wirasakti, Brigjen TNI Legowo. W. R. Jatmiko, S.IP.,MM, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta membantu menyelesaikan pembangunan Bailey Siboil. Menurutnya keberadaan jembatan ini adalah campur tangan berbagai komponen, baik TNI, POLRI, maupun masyarakat.

“Saya mewakili Bapak KSAD maupun Bapak Pangdam IX Udayana, saya Danrem 161, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Alor, khususnya di Kecamatan Alor Timur Laut, yang membantu kami Satgas Sipur untuk membangun jembatan Bailey sepanjang 21 Meter. Itu kita laksanakan persiapan, barangnya belum datang, kita bersama masyarakat dengan TNI – POLRI dan seluruh jajaran mengumpulkan batu untuk memasang bronjong sehingga sampai selesai ini semuanya berperan. Jadi terima kasih kepada seluruh mendukung pelaksanaan pemasangan jembatan Bailey” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd, ketika diwawancara usai kegiatan Peresmian jembatan mengatakan bahwa hadirnya jembatan ini mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas serta dapat meningkatkat mutu kehidupan masyarakat.

“Pengresmian hari ini itu berarti sudah membuka akses jalan mempermudah masyarakat untuk melakukan kegiatan aktivitas baik di bidang sosial maupun ekonomi dalam rangka untuk memperbaiki mutu kehidupan mereka”.

Dandim 1622 Alor, Letkol Inf. Supyan Munawar, S.Ag, kepada wartawan juga menyampaikan bahwa hadirnya jembatan ini sebagai bukti bahwa TNI mencintai masyarakat Kabupaten Alor.

“Mudah – mudahan apa yang menjadi karya di negeri Alor ini menjadi bukti bahwa TNI Angkatan Darat mencintai rakyatnya dan ikut mengatasi kesulitan rakyat yang ada ini”. (Seka, bns)

kapal adri

KECANGGIHAN KAPAL ADRI 51 MILIK TNI AD

Ini adalah Kapal Adri 51 Milik TNI Angkatan Darat. Kapal yang baru diserahkan pada November 2020 ini dikerjakan oleh PT. Daya Radar Utama. Kapal ini memiliki kapasitas muat hingga 750 ton.

Memiliki panjang 99,20 meter dan lebar 16,40 meter, kapal ini juga dilengkapi dengan heliped dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 14 knot atau sekitar 26 kilo meter per jam.

Mayor CBA. Suherman, selaku Kapten kapal saat diwawancara mengatakan bahwa kapal ini merupakan salah satu kapal angkut paling canggih yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat saat ini karena telah dilengkapi dengan alat navigasi dan radar canggih yang dapat mendeteksi kedalaman laut, pulau – pulau sekitarnya, mendeteksi kapal – kapal yang ada di seputaran kapal ADRI 51, hingga dapat mendeteksi arah dan kecepatan angin.

Selain alat navigasi, ADRI 51 juga dilengkapi oleh dua radar canggih yang dapat mendeteksi benda – benda di bawah laut.

Walaupun usianya tergolong muda, kapal ini telah melaksanakan beberapa misi kemanusiaan, diantaranya membawa bekal, alat – alat dapur lapangan, alat – alat kesehatan, hingga sembako untuk korban bencana gempa di Mamjuju pada Januari – Maret 2021, serta memuat alat berat dan bahan pembuatan jembatan guna membantu masyarakat di Bima, Nusa Tenggara Barat dan Alor, Nusa Tenggara Timur yang mengalami musibah banjir bandang dan angin kencang pada bulan April 2021.

Saat ini ADRI 51 diawaki oleh 38 orang yang terbagi dalam dua divisi, yakni divisi dek dan divisi mesin.

Divisi mesin terbagi menjadi tiga bagian yakni mengawasi motor induk, mengawasi motor Bantu, maupun mengawasi pompa – pompa. Sedangkan untuk Divisi Dek, memiliki beberapa tugas yakni perwira muat yang berkaitan dengan pemuatan, serta bidang yang bertugas mengurusi administrasi dan logistik. (Seka)

Page 1 of 12