SOSIALISASI PROGRAM PEMBANGUNAN DESA DIGITAL DI MARITAING

desa digital

SOSIALISASI PROGRAM PEMBANGUNAN DESA DIGITAL DI MARITAING

Pada jaman sekarang ini istilah Digitaliasi bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi sebagian orang. Digital saat ini menjadi alat yang dapat banyak membantu manusia. Dan bukan barang langka lagi digital di era saat ini sudah seperti menjadi satu dengan kehidupan manusia. Oleh karena itu pemanfaatan digital disekitar kitapun perlu dilakukan, pastinya dengan cara yang tepat.

Hal ini juga disampaikan oleh Camat Alor Timur, Daud Gerson Hanadjaha, SH pada sambutannya yang disampaikan pada kegiatan Sosialisasi Program Pembangunan Desa Digital di Maritaing, Kamis hari ini tanggal 09 Juni 2022.

Camat Alor Timur mengatakan kegiatan ini berharga dan bermartabat khususnya di Alor Timur. Terkait sosialisasi diharapkan perkembangannya bisa sampai kedusun, RT dan RW untuk kepentingan bersama.

Lewat kegiatan yang dihadiri oleh Kepala desa bersama perangkat desa, Ketua BPD serta tokoh masyarakat ini, Camat sangat mengharapkan kepada para Peserta yang hadir untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik agar bisa mengimbangi perkembangan teknologi yang begitu pesat, terkhusus buat para perangkat desa diharuskan untuk menguasai dalam menggunakan perangkat-perangkat yang berhubungan dengan digitalisasi seperti Laptop, Komputer dan yang lain.

Lebih jauh Camat merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Kominfo yang sudah memberikan bantuan internet gratis (BAKTI). Sehingga membuat masyarakat banyak memperoleh informasi penting dan bagi perangkat di desa bisa dengan mudah menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas yang dilakukan secara online.

Selain itu Camat juga meminta bantuan agar desa-desa yang belum mendapatkan fasilitas internet gratis, bisa secepatnya direalisasikan.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Kominfo, Drs. Julitselem Obisuru yang mewakili Kepala Dinas Kominfo turut menyampaikan, dunia sekarang adalah dunia yang melek teknologi. Dan ini mengikuti arahan dari Pusat (Presiden) yaitu semua wilayah Indonesia harus bisa mengakses internet.

Persoalan yang sudah disampaikan oleh Camat mengenai ada beberapa desa yang belum mendapatkan akses internet gratis, Sekretaris Kominfo memberi arahan agar setiap desa bisa mengusulkan ke pusat melalui Dinas Kominfo tanpa harus menunggu Musrenbang.

Lanjutnya, hidup sekarang adalah sistem digitalisasi, semua kegiatan administrasi kemasyarakatan dilangsungkan secara virtual. Dengan adanya kegiatan seperti ini, bisa membuka mata semua anggota masyarakat untuk tahu betapa petingnya digitalisasi ini.

Namun kendala yang sering dihadapi adalah berpulang kepada masing-masing individu yang ada di desa, yaitu perangkat desa itu sendiri. Karena mereka tidak pernah mau mencoba dan seolah-olah menganggap enteng dengan era digitalisasi itu sendiri.

Pada kegiatan ini, ada begitu banyak materi yang disampaikan oleh nara sumber. Bukan hanya tentang pentingnya digitalisasi dalam mempermudah urusan dalam pelayanan publik, tetapi juga bagaimana lewat digitalisasi (desa digital) ini tiap desa bisa mengembangkan potensi yang dimiliki dengan membuat sebuah portal atau website, yakni memberikan informasi cara yang benar dalam mengelola sebuah website dari awal pembuatan hingga bisa diakses oleh semua pihak. OA.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.