TNI DATANGKAN ALAT BERAT UNTUK BANGUN JEMBATAN WAISIKA

alat berat

TNI DATANGKAN ALAT BERAT UNTUK BANGUN JEMBATAN WAISIKA

Badai Seroja yang melanda Kabupaten Alor awal April silam menghancurkan berbagai fasilitas umum, termasuk memutuskan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Alor Timur Laut dan Alor Selatan di Desa Waisika, Kecamatan Alor Timur Laut. Terkait hal ini, TNI Angkatan Darat mendatangkan belasan kenderaan truk serta alat berat untuk membangun kembali jembatan yang putus tersebut. Kenderaan dan alat berat ini didatangkan khusus menggunakan Kapal milik TNI Angkatan Darat, Adri 51 pada Selasa (27/4) dini hari.

Dandim 1622 Alor, Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag, saat ditemui usai upacara penyambutan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Banjir Yon Zikon 13 / Karya Etmaka yang diutus oleh Kepala Staf Angkatan Darat, di halaman Pelabuhan ASDP Kalabahi, mengungkapkan bahwa rencananya tim akan membangun satu unit jembatan di Desa Waisika dengan panjang 14 meter.

“Rencana yang akan dibangun satu titik jembatan yang putus yaitu di Desa Waisika, Kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor. Rencana untuk panjang jembatan yang akan dibangun sepanjang 14 meter. Kami menyadari bahwa pasca banjir ini lebar sungai begitu lebar 40 meter, sehingga mungkin nanti perlu adanya tambahan bronjong untuk memperpendek jarak yang ada di lokasi” ungkap Munawar.

Terkait program ini, Munawar menambahkan bahwa nantinya akan menerjunkan 50 anggota Kodim 1622 Alor juga dibantu oleh aparat Polres Alor serta masyarakat setempat.

“Kami dari Kodim akan mengerahkan sekitar 50, kemudian nanti juga dari Kepolisian juga akan diperbantukan juga, kemudian dari warga masyarakat juga yang selama ini sudah berjalan, terutama dalam pengumpulan batu. Karena material batu ini sangat banyak sekali yang dibutuhkan pada pelaksanaan kegiatan pemasangan jembatan trail ini”.

Sementara itu Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd, mengungkapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Darat yang sudah memberikan perhatian kepada masyarakat Kabupaten Alor untuk hadir dan membangun jembatan di Waisika.

“Pemerintah dan rakyat Kabupaten Alor mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Satgas Batalyon Zikon 13, yang langsung hadir di pelabuhan ini dalam rangka kegiatan dan membantu pemulihan dan perbaikan infrastruktur, termasuk infrastruktur jembatan yang sementara merupakan akses utama menghubungkan kecamatan Alor Timur Laut dengan Alor Selatan, sehingga dapat memudahkan aktivitas masyarakat, terutama khusus di bidang ekonomi”.

Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas Tri Suryanto, S.I.K kepada wartawan mengatakan bahwa kehadiran tim dari TNI AD merupakan bukti hadirnya Pemerintah. Menurutnya POLRI, TNI dan Pemerintah Daerah, sejak awal terjadinya bencana terus bersinergi dalam memberikan berbagai bantuan.

“Ini adalah bukti bahwa Negara hadir di tengah – tengah masyarakat. Sejak dari pertama, TNI – POLRI selalu sinergi dalam rangka perbantuan – perbantuan bencana, perbantuan – perbantuan pencarian dari pada korban, dan evakuasi korban, serta saat ini adalah masa – masa pemulihan, masa – masa rehabilitasi, tentunya kami terus bersinergi, TNI – POLRI juga dengan Pemerintah Daerah, kemudian juga dengan segenap masyarakat”.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Alor, Drs. Yulius Mantaon, mengatakan bahwa rakyat Alor bangga dengan TNI AD karena selalu hadir bersama masyarakat dalam masa – masa sulit.

“Rakyat Alor merasa bangga punya TNI Angkatan Darat. Bukan saja hadir ketiga perang, tetapi ketika damai. Ketika kesulitan TNI selalu hadir bersama rakyat. Ini merupakan kebanggan bagi kami” ujar Mantaon. (Seka)

Last modified on Wednesday, 28 April 2021 00:53

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.