PANTAR TENGAH PANEN PADI LEBIH DARI 2000 TON

pantar tengah panen padi

PANTAR TENGAH PANEN PADI LEBIH DARI 2000 TON

Hasil panen padi ladang di Kecamatan Pantar Tengan, Kabupaten Alor, NTT, tahun ini sangat menggembirakan. Diperkirakan tahun 2021 kecamatan yang beribukota Maliang ini panen padi hingga 2000 ton lebih, yang terdapat pada 1.165 hektar padi yang tersebar di sepuluh desa. Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Pantar Tengah, Melkisedek B. Illu, S.ST, mengungkapkan bahwa untuk hasil produksi padi tahun ini 2 – 3 ton per hektar.

“Potensi lahan di wilayah Kecamatan Pantar tengah untuk tanaman pangan, jagung 910 hektar, padi 1.190 hektar. Yang terealisasi, jagung 910 (ha), padi 1.165 hektar. Untuk hasil produksi, jagung diperkirakan 2,5 ton per herktar, sedangkan padi 2 – 3 ton per hektar” ungkap Illu.

Illu melanjutkan bahwa saat ini terdapat 42 kelompok tani di Kecamatan Pantar Tengah, yang memiliki luas lahan rata – rata 0,5 hingga 2 hektar. Selain kelompok tani, masyarakat juga secara mandiri menanam padi dan jagung.

Terkait potensi lahan, Illu menambahkan bahwa sebetulnya ada sekitar 3000 hektar lebih lahan yang potensial untuk ditanami jagung dan padi ladang, namun hingga tahun ini lahan yang difungsikan baru 1.195 hektar.

“Untuk potensi untuk seluruh kecamatan dia kisaran sekitar 3000an hektar, hanya sementara dalam catatan kami sebagai pendamping, sebagai PPL di Kecamatan Pantar Tengah, sementara yang kita data itu jumlah baru 1.195” lanjutnya.

Dikatakan juga olehnya bahwa saat ini persoalan yang paling dikeluhkan oleh petani adalah alat dan mesin pertanian (Alsintan), air, obat – obatan dan pupuk, sehingga dirinya berharap kedepan pemerintah bisa memperhatikan hal ini.

“Kendala yang sementra dikeluhkan oleh petani antara lain, satu, alat – alat pertanian, yang kedua obat – obatan, terus air dan pemupukan. Jadi kalau bisa dalam waktu kedepan Pemerintah bisa membantu masyarakat dalam kegiatan bertani, antara lain alat – alat pertanian atau sumur bor, atau apa yang penunjang bisa diberikan” tutupnya. (Seka).

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.