PATROLI SEPEDA CARA KREATIF SOSIALISASI COVID19

PATROLI SEPEDA CARA KREATIF SOSIALISASI COVID19

Untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid 19 di Kabupaten Alor, berbagai tindakan terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Alor, salah satunya dengan melakukan patroli sepeda sekaligus mengedukasi masyarakat seputar penanggulangan penyebaran virus Covid19. Patroli bersama kali ini melibatkan berbagai pihak diantaranya Polres Alor, Kodim 1622 Alor, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan Kabupaten Alor, dan Camat Teluk Mutiara. Rombongan patroli yang terdiri dari 40 personel tersebut dibagi menjadi dua tim, satu ke arah timur dan satu ke arah barat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (6/2) tersebut diawali dengan Apel bersama di halaman Rumah Jabatan Dandim 1622 Alor, dilanjutkan dengan patroli menuju Mutiara, Binongko, daerah Pelabuhan ASDP, berbelok ke arah pasar Kalabahi, lalu lanjut ke Pasar Inpres Lipa, dan terus ke Pasar Kadelang. Usai dari Pasar Kadelang, rombongan berputar menuju Kelurahan Kalabahi Timur, setelah itu kembali ke Kalabahi Kota dan finish di Rumah Jabatan Dandim 1622 Alor.

Kapolres Alor, AKBP Agusthinus Christmas kepada wartawan mengungkapkan bahwa saat berada di Pasar Kadelang, rombongan menghimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan serta melakukan rapid tes secara random kepada pedagang maupun pembeli. Menurutnya saat melaksanakan rapid tes, banyak warga yang enggan untuk dirapid karena takut dijauhi warga jika dinyatakan reaktif. Padahal menurutnya rapid ini sangat penting dalam rangka mencegah penularan agar tidak meluas. “Justru mereka yang terdeteksi reaktif akan langsung dilakukan perawatan atau treatmen yang baik oleh tim gugus tugas Kabupaten Alor” ujar Christmas.

Chrismas melanjutkan bahwa himbauan seperti ini akan terus dilakukan, bahkan menurutnya kedepan akan dibangun sistem bersama sehingga Pasar Kadelang menjadi pasar tangguh dan bebas Covid19. “Semakin cepat kita deteksi penyebaran virus ini, maka akan semakin cepat kita melakukan tindakan tindakan guna melakukan perawatan warga yang terkonfirmasi positif” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1622 Alor, Lekol.Inf. Sufyan Munawar mengatakan bahwa kegiatan patroli kali ini bertujuan untuk melihat langsung sejauh mana masyarakat Kabupaten Alor, "Dalam patroli ini masih ditemukan banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker” tutur Munawar.

Berdasarkan pantauan wartawan, kegiatan rapid antigen berlangsung dari pukul,`10.00 sd 12.00 WITA kepada sepuluh warga secara gratis dengan hasil non reaktif. (bns)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.