FESTIVAL AL-QURAN TUA PERTAMA DI DESA ALOR BESAR DAPAT DUKUNGAN DARI MASYARAKAT SETEMPAT.

FESTIVAL AL-QURAN TUA PERTAMA DI DESA ALOR BESAR DAPAT DUKUNGAN DARI MASYARAKAT SETEMPAT.

Dua Tokoh masyarakat Desa Alor manyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi atas pelaksanaan Festifal Alquran Tua Tahun 2020 yang akan berlangsung di Alor Besar.

Soleman Tulimau-Raja Bunga Bali, ketika di temui di Uma Pusung Rebong pagi tadi mengatakan, Alor Besar merupakan kampung adat juga bagian dari wisata religi Dikatakan, sepanjang sejarah Festival ini merupakan pertama kali dilaksanakan dan bermanfaat bagi generasi mendatang. Ditambahkan pula bukan saja Alquran Tua, namun ada sejumlah peninggalan sejarah terutama dalam sejarah penyebaran Agama Islam di pulau Alor, seperti Alquran yang juga di datangkan dari Makasar tempo dulu dan telah tercatat dalam Arsip Nasional dan tersimpan di Alor besar hingga saat ini.

Menurut Soleman pada prinsipnya semua masyarakat yang berada di Bunga Bali, Alor Besar dan sekitarnya mendukung sepenuhnya kegiatan festival Alquran Tua ini.

Hal senada disampaikan oleh ABAS HEDONG selaku tokoh adat Bunga Bali. Dikatakan momen ini sebaiknya menjadi agenda tahunan karena bisa menceritakan sejarah, adat dan budaya kepada generasi penerus yang telah di wariskan oleh leluhur. Dikatakan pada festival nanti juga akan hadir semua basodara terkait yang ada di Kabupaten Alor.

Untuk di ketahui, Festival Alquran Tua akan berlangsung dihalaman Masjid Babussholah Alor Besar dari tgl 29 s.d.31 Juli 2020. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Sem Fankari akan berlangsung sesuai protap kesehatan dalam pencegahan COVID-19.

Disampaikan pula kegiatan didukung dengan 50 perahu Galasoro, diawali dengan prosesi napak tilas dari Lerebain, Tuabang, Pandai dan Baranusa di pantai Hilafaka Desa Ternate, untuk kemudia dilanjutkan ke Alor Besar dengan Atraksi Gala Soro dan dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan lainnya.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.