Bupati Alor Buka Kebun Contoh di Molbut - Desa Lendola

SIARAN PERS

BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

SETDA ALOR

Bupati Alor Buka Kebun Contoh di Molbut - Desa Lendola

KALABAHI, SI PERS—Molbut, -dalam bahasa daerah setempat berarti Kebun Kali atau Kebun Dekat Kali (Sungai Kecil) tidak seperti hari-hari biasanya yang sepi ditemani siulan burung dan kotekan ayam petelur milik Peternak Bapak John Maro. Pada Sabtu (13/6) pagi menjadi hari yang istimewa di tempat itu maupun bagi warga yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Desa Lendola.

Pasalnya? Kebun yang berada di Tengah Bukit Desa Lendola dan di pinggiran air Lendola terebut mendapat kunjungan dari Bupati Alor, Drs. Amon Djobo dan Kepala Dinas Pertanian, Yustus Dopong Abora, SP untuk melakukan penanaman jagung manis dan pulut (hibrida) yang telah disediakan para penyuluh pertanian dan pengamat benih Kabupaten Alor.

Bupati Amon Djobo yang telah membantu warga membangun gazebo pelindung dalam ragka mendukung pengembangan agro wisata itu, tak segan-segan langsung mengambil alih penanaman, yang sebelumnya lahan diolah oleh Dinasa Pertanian dan Petani Pemilik Lahan yang tengah tergabung dalam KUBE Lendola.

Kesempatan dengan menghargai undangan para petani dan peternak Desa Lendola di bawah bimbingan Bapak John Maro tersebut diterima Bupati Alor, Amon Djobo dengan secara langsung memberikan contoh bagaimana menanam yang baik dalam mengawal apa yang sering disampaikan dalam Upaya Percepatan Membangun Alor melalui Program Alor Kenyang, Alor Sehat dan Alor Pintar.

Lagi pula selalu dan senantiasa meminta agar masyarakat tidak malas dan kerja keras dengan berkeringat jatuh membasahi bumi dalam rangka mencapai kesejahteraan dan kemandirian.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Yustus Dopong Abora, SP melalui Penyuluh Anita Adhi, SP meskipun lahan yang disiapkan untuk sementara seluas 15 are, namun potensi pengembangannya mencapai 5 ha lebih dan hal ini merupakan contoh bagi pengembngan dari kebun-kebun sekitarnya yang sangat berpotensi karera sudah dapat diairi.

Menurut dirinya bersama teman-teman penyuluh di antaranya: Deby Ai dan Pengamat Bibit Kabupaten Alor, Dorcy Peni, bahwa Molbut dapat menjadi sumber pangan, palawija dan holtikultura, karena lahannya sangat subur dan belum pernah digarap sebelumnya dan sumber air sangat lancar. Malahan mereka sepakat bisa dikembangkan budidaya ikan air tawar dan areal persawahan.

Ajudan Bupati Alor, Natsir Sidhiq memberi kesan, bahwa Molbut merupakan tempat yang nyaman dan dekat dengan kota sehingga sangat baik pengembangan kebun dan masyarakat sangat anthusias mendukung dengan pola gotong royong.

Ia juga berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di tempat lain di semua wilayah yang berpotensi berkebun. (TIM Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Alor).

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.