CAMAT PANTAR TENGAH BUKA RAKORCAM SENSUS PENDUDUK 2020

SENSUSMaliang, Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pantar Tengah dilangsungkan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Kegiatan yang melibatkan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Pantar Tengah ini dihadiri pula oleh pejabat dari BPS Kabupaten Alor juga pejabat di lingkup Kecamatan Pantar Tengah.

Dalam sambutannya Camat Pantar Tengah Manoak Boling Sau, ST mengatakan bahwa pelaksanaan SP2020 didasari pada UU 16 Tahun 1997 tentang Statistik juga PP 51 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik serta Rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020. SP2020 merupakan Sensus Penduduk ketujuh yang dilakukan sejak tahun 1961. SP2020 ini bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia sebagai dasar dalam menetapkan kebijakan pemerintah.

Kita bersyukur karena pelaksanaan SP2020 ini juga telah mengadopsi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sehingga lebih memudahkan kita dalam mengisi data kependudukan secara mandiri dimana data tersebut tetap mengacu pada data administrasi kependudukan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap.

Lebih lanjutkan dikatan bahwa kunci sukses pelaksanaan SP2020 ada di tangan bapak-bapak Kepala desa beserta seluruh perangkat desa untuk itu sebagai Camat Pantar Tengah, saya instruksikan kepada seluruh kepala desa hal-hal berikut : sebarluaskan informasi mengenai SP2020 kepada seluruh lapisan masyarakat, membantu petugas BPS untuk memasang alat peraga sosialisasi/publisitas SP2020, ajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menyukseskan SP2020.

Kegaiatan ini kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dan simulasi SP2020 yang dilakukan langsung oleh staf dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Alor dengan melibatkan seluruh peserta yang hadir. Pada kesempatan tersebut, perwakilan BPS Kabupaten Alor mengatakan bahwa untuk melakukan sensus secara mandiri maka diperlukan data dukung seperti KTP Elektronik, Kartu Keluarga juga Akte Perkawanian.

Last modified on Tuesday, 18 February 2020 22:23

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.