BUPATI DJOBO HARAP FORKOPIMDA DAN OPD TERKAIT MENDUKUNG PENGAMANAN NATAL DAN TAHUN BARU

forkopimda2

Kalabahi, Humas Alor. Dalam rangka menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam menjalani perayaan Natal 25 Desember 2019 dan menyambut Tahun Baru 2020, maka Pemerintah Daerah melakukan Rapat Kerja bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Instansi terkait.

forkopimda

Rapat yang digelar di ruang kerja Bupati Alor (Senin, 02/12) dihadiri Wakil Bupati Alor Imran Duru, S.Pd, M.Pd, Ketua DPRD Alor Enny Anggrek, SH, Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Kalabahi Amin Imanuel Bureni, S.H, M.H, Kepala Kejaksanaan Negeri Kalabahi Pipiet Suryo Priarto Wibowo, SH, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Alor AKBP Dermawan Marpaung, S.I.K, M.Si, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1622 Alor Letnan Kolonel (Infantri) Sofyan Munawar, S.Ag, Kepala Pengadilan Agama Kalabahi, Kepala Dinas Pemerintah Desa Muhammad Bere, SH, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Alor Ripka S. Jayati, S.Sos, M.Si, Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kabupaten Alor Arifin Juma, S.Pi, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Alor Arbay Koho, S.H, M.HUM, Kepala Pertamina Cabang Kalabahi, Kepala PLN Cabang Kalabahi, Kepala Depot Logistik (Dolog) Kalabahi, Kepala ASDP Kalabahi dan PDAM Nusa Kenari.

forkopimda1
Bupati Alor Drs. Amon Djobo saat membuka rapat kerja mengharapkan Forkopimda dapat membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengamanan dalam perayaan Natal 25 Desember dan Tahun Baru 01 Januari 2020.
Pengamanan yang dimaksudkan lanjut Bupati Djobo tidak hanya pada aspek ketentraman dan ketertiban (Kamtibmas) lingkungan masyarakat tetapi berkaitan pula dengan Penerangan Listrik saat Perayaan Natal, Transportasi Angkutan Laut, Ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) terutama minyak tanah dan juga kestabilan harga sembilan (Sembako).
Terkait pengamanan Kamtibmas, Bupati Djobo memerintahkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Alor untuk membantu aparat Polres Alor dan Kodim 1622 Alor dalam melakukan patroli pengamanan Kamtibmas dalam perayaan Natal dan Tahun Baru dan pengamanan saat ibadah perayaan di gereja-gereja.
Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Alor memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Alor untuk membantu Pihak ASDP dan juga Administrator Pelabuhan (ADPEL) Kalabahi untuk mengawasi para penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut baik Kapal Fery maupun perahu motor.
“Satpol PP harus membantu aparat Polres Alor dan Kodim 1622 Alor untuk menciptakan Kamtibmas saat perayaan Natal dan menyambut tahun baru. Dinas Perhubungan juga harus ada di pelabuhan untuk bantu ASDP dan ADPEL mengawasi penumpang yang gunakan jasa angkutan laut, batasi penumpang jika kapal telah mencapai kapasitas muatan sehingga tidak terjadi kelebihan muatan, nanti terjadi kecelakaan laut yang disalahkan pemerintah”, tegas Bupati Djobo.
Untuk penerangan listrik PLN, Bupati Djobo harapkan pihak PLN dapat mensiasatinya jika terjadi pemadaman akibat kelebihan beban pemakaian apalagi terjadi saat perayaan ibadah Natal baik saat ibadah pagi, sore dan malam hari. Pemadaman listrik menurutnya boleh dilakukan diatas jam 11 malam.
Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) terutama bahan bakar minyak tanah, mantan Staf Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kabupaten Alor harapkan Pertamina dapat menyediakan bahan bakar yang cukup bagi masyarakat tidak hanya saat perayaan Natal dan Tahun Baru tetapi untuk 5 sampai 6 bulan ke depan untuk mengansipasi terjadinya badai yang mengakibatkan terhambatnya pelayanan pemasokan bahan bakar melalui laut, termasuk Dolog juga sudah harus menyediakan beras untuk 6 bulan ke depan.
“Langkah-langkah ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kelangkaan BBM dan beras, apalagi curah hujan yang tidak bagus pasti akan mengakibatkan gagal panen”,ungkap Bupati Djobo.
Selain Kamtibmas, Bupati Alor Drs. Amon Djobo juga mengatakan, setelah APBD Kabupaten Alor tahun anggaran 2020 ditetapkan maka semua proses pelelangan sudah harus dilakukan sehingga pekerjaan-pekerjaan fisik tahun 2020 dapat dikerjakan pada awal tahun 2020.
Pada kesempatan tersebut, Kapolres Alor AKBP Dermawan Marpaung, S.I.K, M.Si mengungkapkan, untuk menciptakan Kamtibmas saat Perayaan Natal dan Tahun Baru maka Polres Alor akan menggelar Operasi Penyakit Masyarakat (PEKAT) termasuk penjagaan pada setiap ibadah perayanaan Natal dan Tahun Baru di gereja-gereja.
Hal senada juga dikatakan Dandim 1622 Alor Alor Letnan Kolonel (Infantri) Sofyan Munawar, S.Ag bahwa aparat Kodim 1622 Alor siap membantu melakukan pengamanan Kamtibmas selama perayaan Natal dan Tahun Baru.
Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Kalabahi Amin Imanuel Bureni, S.H, M.H mengharapkan agar Pemerintah RT/RW pada setiap Desa/Kelurahan wajib mengawasi keluar masuk penduduk di wilayahnya. Bila ada penduduk baru maka diwajibkan untuk melaporkan diri pada pemerintah setempat agar pemerintah setempat dapat mengetahui secara jelas identitas, maksud dan tujuan kehadiran yang bersangkutan di wilayah tersebut.
Terkait ketersediaan BBM, Plt. Kepala Pertamina Kalabahi Arman P, mengatakan, Pertamina telah menyiapkan BBM untuk 12 bulan ke depan. Namun, untuk pengawasan penjualan BBM khususnya minyak tanah perlu dilakukan oleh semua pihak agar tidak terjadi penumpukan dan permainan harga minyak tanah di pasaran.
Menyikapi dampak negatif akibat mercun/petasan yang dialami oleh sejumlah anak yang bermain mercun/petasan pada tahun 2018 silam, Ketua DPRD Kabupaten Alor Enny Anggrek, SH, mengusulkan kepada Kapolres Alor agar sebelum memberikan ijin penjualan kepada para penjual maka hendaknya diberikan arahan untuk tidak menjual mercun/petasan yang bisa mengakibatkan luka bakar. (Edy Kaful)

Last modified on Monday, 02 December 2019 09:44

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.