GUBERNUR BUKA FESTIVAL PANGGIL IKAN (DUGONG) DI PANTAI WISATA MALI ALOR

img 20190719 wa0033Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor B. Laiskodat mebuka Festival Panggil Ikan (Dugong) di Pantai Wisata Mali di Alor, Jumat (19/7). Acara pembukaan yang dihadiri ribuan orang itu dimaksudkan sebagai pendorong promosi serta pengembangan sektor Pariwisata di Nusa Tenggara timur pada umumnya dan secara khusus untuk Kabupaten Alor.

Dalam sambutannya, Gubernur Viktor Laiskodat memberikan apresiasi bagi Bupati Alor dan masyarakat Kabupaten Alor, karena menurut gubernur pengalaman pelaksanaan Festival di NTT yang diikuti, Festival Panggil Ikan (Dugong) merupakan Festival terbaik di NTT. Menurut Viktor kesiapan pelaksanaan Festival ini walaupun yang pertama tapi bisa mencapai 40 % ketimbang di daerah lain yang baru mencapai sekitar 10 %.

Untuk itu Viktor berjanji akan mengundang Pengusaha untuk membangun fasilitas pendukung seperti Resort atau Hotel yang bagus sepanjang daerah wisata ini sehingga pada pelaksanaan Festival tahun 2020 persiapannya bisa mencapai 90 %. Pada kesempatan ini, gubernur juga menyampaikan salam hangat dari bapak Presiden Joko Widodo dan berjanji akan menghadiri Festival Panggil Ikan (Dugong) tahun 2020 yang akan datang.

Diakhir sambutannya gubernur berpesan agar Bupati Alor dapat membuat Perda atau Perbup yang mengatur tentang pelaksanaan Kegiatan Panggil Dugong. Jangan setiap orang yang berkunjung di Alor diantar untuk melihat Dugong. Jika demikian maka Dugong tidak punya nilai investasi yang mahal. Oleh karena itu jiika dapat maka peristiwa panggil dugong hanya dilakukan 2 kali dalam setahun. Gubernur juga berpesan agar Dugong dapat dilestarikan dengan baik karena dugong merupakan hewan langkah yang harus dilindungi.

img 20190719 wa0022

Sebelumnya Bupati Alor dalam arahan pembukaannya menyampaikan terima kasi yang sebesar-besarnya kepada bapak Gubernur NTT yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri Festival Panggil Ikan (Dugong) di Kabupaten Alor sekaligus membuka kegiatan Festival ini. Bupati Alor Drs. Amon Djobo mengharapkan semoga pada pelaksanaan Festival yang akan datang bapak Gubernur bisa menghadirkan bapak Presiden di Kabupaten Alor. Dalam candaannya Bupati Amon mengatakan kalau di Manggarai Barat ada Komodo maka di Alor kami akan buat mujizat manakala dugong dikawinkan dengan ikan Paus maka akan melahirkan Komodo sehingga bapak gubernur dan bapak presiden bisa berkunjung secara rutin di Kabupaten Alor untuk melihat keajaiban tersebut.

img 20190719 wa0013

Festival dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada perwakilan Nelayan dan Bapak Onesimus Laa yang merupakan pelestari Dugong. Selanjutnya Gubernur NTT bersama Bupati Alor serta seluruh peserta dipersilahkan untuk mencicipi kuliner yang disediakan juga dilakukan kunjungan ke berbagai stand yang ada di arena festival. (Eman)

 

 

 

Last modified on Monday, 22 July 2019 06:51

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.