KABUPATEN ALOR MELAKSANAKAN PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK

bupatiKabupaten Alor hari ini sabtu 20 Juli2019 melaksanakanPemilihan Kepala Desa secara Serentak di 132 Desa. Hal ini merupakan sebuah sejarah baru dalam tatanan demokrasi di Kabupaten Alor. Demikian intisari dari pesan Bupati Alor dalam pelaksaaan Pilkades di Kabupaten Alor. Menurut Bupati Alor Drs. Amon Djobo, demokrasi sebenarnya sudah lama berkembang di desa melalui pikades. Oleh karena itu pelaksanaan pilkades serentak kali ini sekiranya menjadi contoh yang baik bagi pelaksanaan momentum politik lainnya di Kabupaten Alor.
 Desa memiliki otonomi khusus sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dimana daam undang undang tersebut juga mengatur tentang masa jabatan kepala desa yang ditetapkan selama 6 tahun. Melalui undang undang tersebut juga maka desa kini memiliki alokasi dan ayang cukup besar dari Pemerintah untuk membiayai pembangunan di desa. Oleh karena itu melalui momentum Pilkades ini diharapkan dapat melahirkan pemimpin – pemimpin baru di desa yang berintegritas dan punya komitmen kuat dalam membangun desa.

Bupati Serahkan Alat Peraga Pilkades Serentak

Sebelumnya pada kamis, 18 Juli 2019 pagi, bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Alor, Bupati Alor menyerahkan kepada seluruh petugas dari 132 TPS alat peraga Pilkades berupa Kotak Suara, surat suara serta atribu lainnya, dalam rangka Pemilihan Kepala Desa serentak. Seluruh prasarana pendukung Pemilukades itu selanjutnya akan dibawa ke oleh petugas dan diserahkan pada Camat dan Kepala Desa untuk digunakan pada tanggal 20 Juli 2019 di desa masing-masing. Dalam sambutannya, Bupati Alor menyatakan demokrasi tetap akan bertumbuh dengan baik dari desa, kecamatan dan kabupaten. Untuk itu penyaluran sarana-sarana penunjang pelaksanaan kegiatan Pemilukades pada tanggal 20 Juli 2019 diharapkan dapat berjalan aman, tertib dan lancar. Dengan demikian dapat memberikan arti dan nilai bagi pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di tingkat desa yang bersangkutan. Dalam acara penyerahan itu hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,  beberapa pejabat eselon III lingkup Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Alor serta masyarakat yang turut menyaksikan penyerahan sarana penunjang Pemilukades.

Last modified on Saturday, 20 July 2019 06:14

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.