Bupati Djobo Beri Bantuan Mesin Ketinting Kepada Nelayan dan Penjual Ikan Featured

Sebanyak 52 nelayan mendapat mesin ketinting tipe Yamaha dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor. Selain itu, ada juga 41 orang penjual ikan turut mendapatkan coolbox atau alat pendingin ikan.

Kegiatan penyerahan ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor, Rabu (25/02/2015), dan diserahkan oleh Bupati Alor, Drs. Amon Djobo.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Mesak Blegur, S.Pi mengatakan bahwa Kabupaten Alor memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup besar. “Data menunjukan bahwapotensi sumber daya ikan di Kabupaten Alor 184.000 ton per tahun. Dari total potensi itu jumlah tangkapan yang diperbolehkan sebesar 134.000 ton per tahun. Namun data menunjukan bahwa dari jumlah tangkapan yang diperbolehkan kita baru mencapai 21.000 ton pertahun pada tahun 2013. Itu menunjukan bahwa kita baru mengeksplorasi hanya 17% saja” ungkapnya. Ia melanjutkan bahwa selain potensi laut, Alor juga memiliki garis antai sepanjang 165 kilo meter yang memiliki potensi usaha budi daya laut, namun kita baru memanfaatkan hanya sebesar 10% dari potensi yang ada.

“Potensi pemanfaatan sumber daya alam yang rendah ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia, masih terbatasnya sarana dan prasarana perikanan, masih terbatasnya modal, juga termasuk budaya masyarakat kita yang belum melihat laut sebagai potensi ekonomi yang menjanjikan” lanjut Blegur. Untuk itu ia berharap agar bantuan yang ada dapat dimaksimalkan oleh masyarakat dengan baik.

Sementara itu, kepada penerima bantuan, Bupati Alor, Drs. Amon Djobo, dalam arahannya berharap agar bantuan ini dapat meningkatkan pemasukan keluarga. “Paket bantuan ini nilainya kecil, untuk itu jangan melihat nilainya, melainkan lihatlah fungsinya” ungkap Djobo. Ia juga meminta agar barang yang diberikan terus diawasi oleh DKP agar meminimalisir penyalahgunaan bantuan yang ada. Usai menyampaikan arahan, Djobo menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Aser Gomang dan Suhaidin Boli dan disaksikan oleh seluruh penerima bantuan. (Seka).

Last modified on Thursday, 16 June 2016 13:07

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.